3 Wise Monkeys

So actually, I’ve been several times ate at this restaurant. Tapi namanya juga manusia, baru sekarang ini dipost setelah sekian lama tulisan ini terpuruk di draft :lol:. Mungkin udah banyak yang tahu, tapi ya kali-kali aja ada yang nggak tahu… 3 Wise Monkeys adalah suatu restoran yang terletak di daerah Senopati, Jakarta Selatan. Awalnya gue kira mereka mengusung menu western, ternyata menu makanan Jepang dan khususnya sushi-sashimi. Walau ada juga ramen, donburi, dan lain-lainnya.

3 Wise Monkeys sendiri menganut filosofi Jepang yaitu, “speak no evil, hear no evil, see no evil”. Arti umumnya adalah melakukan perbuatan dan berpikir secara baik. Jadi nggak heran kalau restoran ini dipenuhi dengan gambar tiga monyet yang menutup mulut, telinga, dan matanya.

Restoran ini terbagi atas dua lantai, lantai dua untuk smoking area dan lantai satu untuk non smoking area (yang sebenarnya sama juga bohong, lha wong nggak ada pembatas kacanya). Di bagian teras restoran juga terdapat beberapa meja dan kursi kalau pengunjung ingin menikmati suasana outdoor. Tapi sebaiknya pilih waktu yang tepat kalau mau duduk di luar ya, mengingat jalanan Suryo cukup padat kalau sore ke malam dan asap knalpot bertebaran.  🙂 

Di kunjungan pertama ke restoran ini, gue lebih milih menu a la carte. Sementara di setiap kunjungan berikutnya, bye a la carte….aku pilih all you can eat aja demi memuaskan perut yang nggragas. 3 Wise Monkeys sendiri menerapkan perbedaan besar porsi makanan pada sistem  a la carte dan all you can eat. Untuk menu yang dipesan secara a la carte, ada beberapa (misalnya sashimi dan donburi) yang ukurannya lebih besar dibanding menu all you can eat. Sungguh kebijakan yang tepat, mengingat kalau ayce kan pasti maunya pesan banyak dan macam-macam jenisnya. Berikut adalah menu yang pernah gue pesan baik a la carte atau pun ayce.

Chawan Mushi

Salah satu menu terenak di 3 Wise Monkeys. Gue bisa pesan ini berkali-kali dalam satu kunjungan. Teksturnya sangat lembut dan ringan. Dilengkapi dengan potongan ayam, jamur, dan udang di dalamnya.

Agedashi Tofu

Cocok banget dimakan sebagai appetizer karena teksturnya yang ringan. Gue sangat suka lapisan tepungnya, tipis sempurna tanpa ada retakan. Kuahnya pun gurih dengan campuran dashi dan mirin yang pas.

Chuka Wakame

Kani Mayo

Salmon Salad

Tamago

Aduh, paduan manis dan gurihnya pas sekali. Teksturnya padat tapi ringan, nyeeeesss begitu masuk mulut.

Beef Enoki Mushroom Roll

Bumbu teriyakinya lezat dan meresap sampai ke bagian jamurnya. Dipanggang dengan sempurna sampai matang ,tapi nggak bikin tekstur dagingnya jadi keras. 

Beef Cheese Roll

Gue kurang begitu suka menu Beef Cheese Roll ini. Mungkin karena tekstur sajiannya yang terlalu kering, sementara gue sukanya daging yang juicy. Rasa kejunya pun buat gue kurang pas untuk disajikan bersama daging.

Crispy Mushroom

Pirikara Miso Ramen

Ini menu yang disuka banget sama anak kecil, hahahaha. Soalnya setiap gue ke 3 Wise Monkeys bareng sama teman-teman yang bawa anak, krucils itu pada senang banget dan bisa tambah berkali-kali. Kuahnya memang gurih banget dengan hint rasa miso yang sesuai.

Garlic Rice

Chicken Teriyaki Mini Donburi

Mini Salmon Don

Untuk donburinya, gue lebih suka yang Mini Salmon dibanding Chicken Teriyaki Donburi. Potongan sashiminya cukup besar, ikannya fresh, dengan beberapa potongan tamago, dan ada spicy mayonaise. Nasi yang digunakan pun pulen dengan sempurna. Jangan lupa diaduk dulu sebelum dimakan.

Ochazuke Salmon

A must try! Jadi ochazuke adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi, taburan lauk yang disiram dengan teh hijau panas. Namun ada juga yang menyiramnya dengan kaldu/dashi. Yang disajikan di 3 Wise Monkeys ini bikin ketagihan. Walau direndam di dalam kuah, tapi nasinya tetap pulen, nggak benyek. Ada suwiran ikan salmon dan nori di atasnya. Cita rasanya gurih, dengan sedikit sensasi aroma asap (I thought maybe it was smoked salmon).

Salmon Sashimi

Tuna Sashimi

Seperti yang bisa dilihat di foto, potongan sashiminya kecil. Mungkin sekitar dua ruas jari. Kalau kamu pesan menu sashimi saat ayce, akan ditanya mau pesan berapa. Harap diingat satuan ukur yang dipakai saat memesan adalah potong. Jadi jangan jawab 1 ya, nanti yang ada dikasihnya cuma 1 potong sashimi aja  😆 . Gue sekali pesan biasanya per 20 potong, untuk dimakan sendiri. Semua potongan sashiminya segar dan nggak berbau amis. Me likey!

Tsuyu Salmon

Salmon sashimi yang direndam dengan saus tsuyu. Tsuyu biasanya digunakan sebagai saus celupan soba. Terbuat dari campuran dashi, kecap manis, dan mirin.

Salmon Miso

Aburi Salmon Belly with Truffle Sauce

Aburi Salmon with Truffle Sauce a la carte (Rp 55.000,-)

Die die must try! Ya Tuhan enak bangeeeet, nggak heran kalau ini jadi menu favorit. Aburi salmon belly biasa aja udah lezat, apalagi kalau ditambah sama saus truffle. Salmonnya lembut dan moist sekali. Dijamin pasti ketagihan untuk pesan lagi dan lagi. Untuk perbandingan ukuran sashimi antara menu ayce dengan a la carte, bisa dilihat dari foto di atas. Lebih panjang yang  a la carte kan.  🙂 

Crunchy Unagi Roll

Another favorite menu! Daging belutnya lembut dan dipanggang dengan baik sehingga tetap moist. Remah tepungnya sangat renyah dan nggak keras. 

3 Wise Monkeys Special Spicy Salmon Roll

Aburi Spicy Salmon Roll

Aburi Salmon Cheese Roll

California Roll (kalau nggak salah, udah mulai hilang ingatan saking banyaknya yang dipesan 😆 )

3 Wise Monkeys Special Roll

Menu yang satu ini cukup besar ukuran rollnya. Dengan isi salmon, cream cheese, stik daging kepiting, dan saus mayones spesial. Kalau mau pesan ini saat ayce, lebih baik satu porsi dimakan ramai-ramai aja, biar nggak kekenyangan.

Dragon Roll a la carte (Rp 92.000,-)

Menu yang satu ini hanya bisa dipesan secara a la carte, but worth to try! Porsinya besar sekali, dengan isi roll yang beragam (udang, sayur, alpukat, belut) dan di bagian atasnya masih ada salmon dan tobikko. Another must try from this restaurant!

Panna Cotta

Ada 2 pilihan dessert di menu ayce, yaitu ice cream dan panna cotta. Gue selalu memesan panna cotta. Teksturnya lembut sekali dan rasa manisnya pun pas. 

Sebenarnya masih banyak lagi menu ayce yang gue makan di 3 Wise Monkeys. Cuma ya mengingat betapa nggragas rombongan gue setiap ke sini, lebih sering keburu ludes sebelum difoto  :lol:. Gue sih sangat menyarankan untuk mencoba ayce, pilihannya sangat beragam dan enak.

Untuk pelayanannya sendiri sejauh ini selalu memuaskan buat gue. Kalau mau berkunjung saat dinner atau weekend, sebaiknya reservasi dulu ya. Sebelumnya kalian juga bisa menanyakan apakah mereka lagi ada kerja sama dengan bank tertentu, sering ada diskon promo soalnya. 

3 Wise Monkeys
Jl. Suryo No. 26, Senopati, Jakarta

Phone: 021 – 29126528
Instagram: @3wisemonkeys_id

Operational Hours:
Everyday 11 AM – 11 PM

(Visited 58 times, 1 visits today)
 
Share it:
Posted in Asian Food, culinary and tagged , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *