9 Walk, Surga Kuliner di Bintaro

** Originally posted on September 25, 2015

 

 

Banyaknya jajanan enak di Bintaro membuat gue rela pergi ke sana tiap weekend untuk sarapan. Jadi setelah waktu itu mencoba berbagai makanan enak di Pasar Modern Bintaro plus Bintaro Entertainment Center, kali ini gue “digiring” ke Bintaro 9 Walk oleh para kuncennya yaitu Ajie, Septi, Smita, dan Putra.

9 Walk terletak di sektor 9 Bintaro Jaya, masih satu area sama Mc’Donalds. Dengan bangunan ruko yang berjejer dan ada pusat jajanannya di bagian tengah. Mulai dari makanan Indonesia sampai Jepang ada semua. Ada jajanan yang buka sepanjang hari, ada juga yang hanya di pagi hari saat weekdays atau weekend, serta di malam hari saja. Nah, berhubung gue bisanya pas Minggu pagi jadi yang dibahas di sini adalah “Pusat Jajanan Pagi” di sebelah kiri jalan area 9 Walk yang jualan setiap akhir pekan ya.

Ketupat Sayur Ibu Ade

 

Ketupat Sayur Padang (Rp 42.000,-)

 

Ini adalah stand makanan favorit gue di 9 Walk! Enaknya nggak ada yang ngalahin. Udah keliling ke berbagai rumah makan Padang tapi tetap belum ada yang bisa mengalahkan ketupat sayur legendaris ini. Ada juga Lontong Medan, Nasi Uduk dan Nasi Kuning. Untuk ketupat sayurnya, bisa bebas pilih mau gulai pakis atau nangka. Lalu ada juga deretan lauk pelengkap, mulai dari balado telur, rendang, sampai ke sate kerang.

Menu favorit gue adalah Ketupat Sayur yang dilengkapi dengan gulai pakis, balado ati ampela, balado telur, dan sate kerang. Gulai pakisnya enaaaak banget. Kekentalan kuahnya pas, nggak terlalu encer. Rasanya sedikit manis dan pedas, paduan rempahnya terasa beragam sekali dari kunyit, lengkuas, dan jahe.

Balado ati ampelanya cukup pedas dan banyak porsinya walau pun sebagai lauk pendamping. Sementara itu sate kerangnya juara banget! Satu tusuk ada banyak isi kerangnya, sekitar 8-10. Rasa bumbunya manis, pedas, asin,  warnanya hitam agak mirip bumbu rendang dan meresap hingga ke bagian dalam kerangnya. Dagingnya lembut karena direbus dulu sebelumnya

Harga satu porsi ketupat sayur lengkap dengan gulai pakis, balado telur, balado ati apela, dan sate kerang ini memang cukup mahal, sekitar Rp 42.000,-. Tapi sebanding dengan porsinya yang banyak mengenyangkan dan rasanya yang enak. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk icip ketupat sayur Bu Ade kalau lagi jajan di 9 Walk saat Minggu pagi.

Dimsum

 

 

Letaknya ada di tengah pujasera. Pilihannya cukup banyak ada bakpau, hakau, siomay, ceker ayam, dan lain-lain. Satu porsi isinya 3 buah dimsum pilihan kita. Selama ini yang udah pernah gue coba adalah siomaynya. Rasanya seperti dimsum pada umumnya. Dagingnya cukup terasa dan dilengkapi dengan topping parutan wortel di atasnya.

Bakmi Bangka Amen

 

Bakmi Ayam Komplit (Rp 17.000,-)

Agak jauh dari pujasera yang di depan, lokasi Bakmi Amen ini cukup tersembunyi di bagian ujung 9 Walk. Bertempat di bagian teras ruko yang kosong. Ada banyak pilihan bakmi yang bisa kamu coba. Mulai dari bakmi ayam komplit sampai yang yamin. Kalau nggak mau bakmi, bisa juga diganti dengan bihun atau kwetiau. Bukanya setiap hari, dan kalau weekdays ada dimsumnya juga.

Seporsi isinya cukup banyak. Waktu itu pesan mie ayam komplit yang dilengkapi dengan bakso dan pangsit rebus isi ayam. Rasa ayamnya manis gurih dan jumlahnya cukup banyak, tekstur mienya keriting, sementara kulit pangsitnya lembut sekali dengan isi yang cukup tebal. Gue lebih suka menikmati bakmi ini kering tanpa kuah. Untuk harganya bervariasi tergantung mie yang dipilih dan toppingnya apa saja. 

Jajanan Ibu Neli

 

Lupis (Rp 4.000,-)

Letaknya masih dalam area pujasera yang sama dengan Bu Ade. Stand Bu Neli yang menyediakan Bubur Ayam lengkap dengan sate-sateannya, Bubur Dimsum, Lupis, dan jajanan lain. Lupisnya enak banget! Ukurannya tebal dan besar, lalu gula merahnya sedikit kental dengan rasa manis yang pas. Bisa jadi menu penutup yang pas setelah mencoba berbagai jajanan yang ada di 9 Walk.

Nah, lumayan banyak kan jajanan menarik di 9 Walk ini? Saking banyaknya pilihan kayaknya nggak cukup kalau cuma sekali datang. Saran gue, sebaiknya datang ke sini saat weekend. Lalu pilih mau saat sarapan atau makan malam. Jadi kamu mau coba yang mana?

(Visited 177 times, 3 visits today)
 
Share it:
Posted in Asian Food, culinary, Indonesian Food and tagged , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *