Breakfast at Cayenne

Breakfast at Cayenne

Saking banyaknya tempat makan di Kemang, gue udah nggak ngikutin lagi perkembangannya. Paling hanya 1 atau 2 yang baru akan dikunjungi berdasarkan inisiatif sendiri, sisanya rekomendasi teman. Salah satu tempat yang gue datangi karena sering mondar-mandir lewat di depannya dan selalu terlihat ramai di waktu brunch adalah Breakfast at Cayenne. Dari beberapa kali kunjungan ke sini, makanannya cukup memuaskan. Program “Menu of the Month” mereka selalu sukses buat gue penasaran.

Breakfast at Cayenne Breakfast at Cayenne

Bersebelahan dengan Cayenne Home Decor Shop, secara keseluruhan Breakfast at Cayenne memang tidak terlalu besar lokasinya tapi masih tetap nyaman. Mempunyai area indoor dan outdoor yang homey sekali. Lantai teras bagian depan dihiasi oleh tegel kunci sehinga nuansa vintagenya cukup kental.

Breakfast at CayennePastries

Pastry Selection

Coffee Bar 16-11-16-18-02-45-782_deco

Coffee Bar

Barista in action

Barista in action

Begitu masuk ke dalam, kita akan langsung berhadapan dengan pastry selection. Tinggal pilih apakah mau yang gurih atau manis. Bagian ini menjadi satu dengan coffee bar dan kasir. Pilihan kopinya pun cukup beragam. Mereka menggunakan beans  yang sebagian besar berasal dari Tanamera. 

Books for Sale Books for Sale

Di depan coffee bar terdapat rak buku yang memajang berbagai judul dan genre. Buku-buku ini dijual dan hasilnya disumbangkan untuk amal. Kalau kalian pas lagi ke sini, jangan lupa untuk cek ya, siapa tahu menemukan buku bagus yang bisa dibeli.  🙂 

Indoor AreaIndoor Area

Indoor Area

Outdoor Area

Outdoor Area

Area Breakfast at Cayenne terbagi menjadi indoor dan outdoor, yang sama cantiknya. Nyaman banget, bagai bertamu ke rumah teman dekat. Bagian outdoornya pun asri. Kalau cuacanya cerah, gue lebih suka duduk di luar karena banyak pohon dan sejuk.

Open Kitchen

Open kitchen

Yang juga menyenangkan di sini adalah keberadaan open kitchen di bagian indoor. Hal ini membuat kesan seolah pengunjung datang ke rumah seorang kawan lalu dijamu makanan lezat. Kita bisa melihat langsung kesibukan staf dapur (yang jumlahnya cuma 2 orang). Terbatasnya staf membuat pengunjung harus agak sabar menunggu pesanannya jika suasana kafe sedang ramai, terutama di waktu brunch saat weekend. Tapi itu terbayar sama enaknya makanan yang disajikan kok.  😉 

Flat WhiteFlat White

Latte (Rp 36.000,-)

Kopi yang disajikan di Breakfast at Cayenne enak. Komposisi susunya pas, lebih banyak dibanding kopinya sehingga cita rasa yang dimiliki cenderung milky. Latte art standar tapi masih oke kok.

Homemade Bitterballen

Homemade Bitterballen

Lapisan tepung rotinya crunchy namun bagian dalam super creamy. Kentang di dalamnya halus sekali dan isi dagingnya juga merata. Dipadukan dengan cocolan honey mustard yang rasanya asam manis. Enak!

Salmon Cakes with Lemon Aioli Salmon Cakes with Lemon Aioli

Salmon Cakes with Lemon Aioli (Rp 70.000,-)

Salmon yang digiling lalu dibentuk menjadi semacam patty burger. Diatasnya terdapat bacon, poached egg yang berlumur saus hollandaise. Poached eggnya sempurna dengan kuning telur yang mengalir begitu dibelah. Saus hollandaisenya juga oke, tidak terlalu cair dan keasamannya pas. Sayang, rasa salmonnya kurang kuat. Entah apakah karena daging sakmonnya dibentuk patty atau memang kurang banyak. Yang juga juara adalah salad dengan zesty dressingnya! Enak dan segar.

Moroccan Grilled Chicken Sandwich with Yogurt Tzatziki Spread

Moroccan Grilled Chicken Sandwich with Yogurt Tzatziki Spread (Rp 70.000,-)

Saat menu ini datang, gue agak sangsi karena kok terlihat kering banget ya. Walau disajikan dalam mangkuk terpisah, namun akhirnya yogurt tzatziki spreadnya gue oles sekaligus ke atas daging ayamnya. Begitu digigit, wow…enak ternyata! Sensasi rasa dingin dan asam dari saus yogurtnya pas banget dipadukan dengan Moroccan Grilled Chickennya. Tekstur sandwichnya jadi creamy. Makin enak dipadukan bersama homemade potato chips dan saladnya yang segar.

Breakfast Burritos

Breakfast Burritos (Rp 65.000,-)

Menu yang satu ini berupa burrito dengan isi stelur orak-arik, beef bacon, alpukat, sayuran yang dipanggang, dan keju. Disajikan bersama sour cream dan salsa. Perpaduan sour cream dan salsanya menambah kesegaran burrito ini. Rasanya pun enak.

Mie Godog

Mie Godog

Ini merupakan menu of the month yang tersedia di salah satu kunjungan gue. Yang pesan teman gue. Agak kaget juga ketika dia pesan ini, karena yaaa…seriously? Mie godog bukannya lebih enak yang di pinggir jalan ya?  😛 

Tapi semua keraguan itu sirna begitu mie godognya disajikan di meja. Aduh dari aromanya saja sudah harum nikmat mengundang selera banget! Langsung penasaran dengan rasanya. Benar saja, begitu gue icip ternyata rasanya senikmat aromanya. Kuahnya gurih dan bumbunya medok banget. Rasa bawang putihnya menguar di lidah saat kuahnya gue hirup. Kekenyalan mienya pun bagus, nggak terlalu matang. Daging ayamnya dipanggang dan cukup banyak jumlahnya. Nyesel banget karena sempat su’udzon dan dalam hati diam-diam pengen mesan itu, tapi udah terlanjur pesan menu lain dan nggak bisa dibatalkan, huhuhu.

Quiche with Salad

Quiche with Salad (Rp 50.000,-)

Ukurannya cukup besar (1/4 loyang) dan disajikan bersama fresh salad. Komposisi telur dan kejunya tercampur dengan baik dengan isi beef bacon yang tersebar merata. Teksturnya creamy, walau tepi pie crustnya masih kurang renyah untuk selera gue. Porsinya megenyangkan buat gue.

Tartines

Tartines

Tekstur rotinya crunchy. Toppingnya melimpah banget. Ada jamur, bayam, beef bacon yang dilumuri saus honey mustard. Sayang sausnya terlalu cair untuk selera gue, tapi secara keseluruhan rasa hidangan ini enak. Rasa segar dari sayusan dan sausnya berpadu dengan baik bersama daging dan jamur yang gurih.

Secara keseluruhan, bisa dibilang hidangan di Breakfast at Cayenne enak. Porsinya pun besar mengenyangkan banget. Dengan adanya menu all day breakfast kamu bisa mencicipi menu-menu sarapan yang enak kapan pun. Mereka juga cukup royal dalam menyajikan sayurannya. Langsung berasa sehat dan nggak dosa-dosa amat tiap abis makan enak di sini. 😆 

Breakfast at Cayenne
Jl. Kemang Selatan VIII No. C2, Kemang, Jakarta
Telepon: 021 – 71770105
Facebook: Breakfast at Cayenne
Instagram: @breakfastatcayenne

Operational hours:
Everyday 7 AM – 6 PM

(Visited 53 times, 1 visits today)
 
Share it:
Posted in Coffee, culinary, Indonesian Food, Western Food and tagged , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *