Bukan Iklan Obat Pelangsing

** Originally posted on November 1, 2012

Huwoooooowwww……

Sekarang sudah November 2012! Nggak berasa ya, kalau udah begini kayaknya cepat banget…tahu-tahu udah mau akhir tahun lagi. Jadi giniiii, masih ingat dengan postingan gue yang ini? Saat itu gue cerita tentang awal-awal perjuangan gue *tsailaaah* untuk hidup lebih sehat. Dengan cara atur pola makan, olahraga, enderble, enderbla. Nah sekarang udah setahun aja nih. Mau tahu hasilnya kayak apa?
Oke, gue rekap dulu ya. Tiga bulan pertama adalah masa-masa penyiksaan buat gue. Aslik deh, bawaannya emosi jiwa dan sering banget cranky karena merasa……….lapar. Sumpah malu sendiri gue kalau ingat, abis lebay banget. Gue pernah nangis karena keluarga gue ramai-ramai makan sambal goreng krecek sementara gue nyicipin sesendok makan aja nggak boleh. Gue sering bete berat karena pengen nyemil nggak penting kayak siomay atau gorengan tapi dilarang. Kalau untuk masalah olahraga pas awal-awal sih nggak masalah, karena porsinya masih normal aja berupa jalan cepat. Tapi ya itu tadi, nggrundel sering banget karena lapar. Plus tinggal di daerah yang banyak banget jualan makanan enak itu sungguh tidak menolong. *sigh*

Lepas dari tiga bulan awal, gue udah berkurang crankynya karena yah perut gue udah terbiasa kali ya. Nggak bisa lagi makan berlebihan atau makan di saat bukan waktunya. Jadi kalau misalnya lagi kumpul-kumpul di cafe atau restoran saat bukan jam makan, ya gue adem ayem aja cuma pesan minuman. Sadar diri sih harus disiplin kalau nggak ya memble aje ntar nggak ada hasilnya. Porsi olahraga juga mulai ditambah. Sudah boleh jogging dan jarak tempuh bertambah. Renang juga ditambah waktunya. Dalam satu jam setiap olahraga ditentukan berapa lap yang harus dicapai.

Terus dan terus berlalu waktunya, perubahan semakin terlihat. Yang paling pertama terasa adalah ukuran celana mengecil. Jeans dan celana bahan mulai kedodoran. Pinggang ke pinggul mulai terlihat lekukannya, hahahaha. Terus ukuran baju juga menyusut…pertama dari XXL lalu ke XL dan seterusnya, hingga sekarang gue bisa pakai ukuran M atau S (tergantung merk baju). Yang paling utama adalah…
gue jadi jarang sakit.

Serius deh, di tahun 2012 ini gue sakit cuma sekali atau dua kali ya gue lupa, itu juga cuma flu ringan. Nggak ada lagi tuh yang namanya asma kambuh, bronchitis bermasalah, typhus, dan segambreng penyakit lain yang suka mampir ke gue. Dulu gue sering sesak napas kalau abis ngomong panjang lebar atau abis makan. Sekarang mah mau nyerocos kayak apa juga udah berasa kayak Jennifer Lopez deh, bisa berkicau sambil joget gedumbrangan.

*oke fokus lagi*

Hal lain yang bikin senang tentunyaaaaaa…..belanja baju baru. Berhubung baju-baju udah gombrong semua di badan gue, bahkan sampai ada jeans yang melorot ke betis saking kegedeannya. Dulu baju gue mentok di kemeja/kaos dan celana panjang. Sekarang mah segala model juga ayo aja, asal pas sama kepribadian gue. Pokoknya patokan gue Syahrini gitu deh, harus bisa berpakaian sesuai dengan ciri khas kita. *brb pakai baju motif tata surya dari kepala sampai kaki*

#yakaleeee…

Yah korbannya tentu gue jadi boros, segala online shopping dibuka, segala model baju yang pas dibeli. Tapi nggak nyesal, yah itung-itung “hadiah” buat diri sendiri. *alesan*

Jadi, dari Oktober 2011 sampai ke Oktober 2012, total penurunan berat badan gue adalah 27 kilogram. Dari awalnya 85 kg sekarang tinggal 58 kg dan masih harus turun sekitar 10 kg lagi kalau kata dokter gue. Berhubung sekarang gue kerja kantoran, maka untuk tetap mengontrol waktu olahraga akhirnya gabung digym. Ya karena di gym bayar khan yaaaa…jadinya merasa wajib untuk olahraga nggak boleh males-malesan. Godaan lainnya setelah kerja kantoran adalah lokasinya yang ada di dekat pertokoan, banyak makanan enak! Tapi lagi-lagi sejauh ini masih terkontrol dengan cara bawa bekal dari rumah, nggak jajan makanan printilan yang seabrek jenisnya (paling banter gue jajan kerupuk dan sekali makan es krim di A&W saking panasnya cuaca hari itu).
Jadiiii, yang punya niat untuk menguruskan badan…coba dimulai dengan menghipnotis diri sendiri bahwa tujuan yang paling penting adalah hidup lebih sehat. Jadi kurus itu adalah bonus tambahan. Kita mau dapat hasil yang oke alaihim tentu harus ada pengorbanannya kok. Intinya harus niat dan yakin. Juga jangan diet sembarangan ya. Ini penting banget, diet yang salah bisa berakibat masalah pada pencernaan dan jantung dan lain-lain. Konsultasi ke dokter gizi, mulai dari pola makan sampai jenis olahraga yang tepat buat kamu. Ingat aja, yang serba instan biasanya kurang bagus efeknya.
ADIÓS,

Jennifer Lopez dari pusat Kota Jakarta.

before and after

(Visited 13 times, 1 visits today)
 
Share it:
Posted in Family and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *