Echigoya Ramen, Serves a Variety of Delicious Ramen

** Originally posted on May 11, 2015

 

Kalau mau cari restoran Jepang yang enak dengan rasa otentik di Jakarta, kita bisa berkunjung ke daerah Little Tokyo Melawai di Blok M. Di sana ada berbagai restoran Jepang dengan hidangan khasnya masing-masing. Gue nggak pernah bosen untuk mengeksplor daerah ini demi hidangan khas Jepang yang enak. 
Salah satu yang terkenal di wilayah ini adalah Echigoya Ramen. Sesuai namanya, tentu saja sebagian besar hidangannya adalah ramen. Rasanya terkenal lezat dan otentik, nggak heran kalau banyak orang Jepang yang makan di tempat ini setiap harinya, santap siang atau pun malam. Lokasinya cukup gampang ditemukan. Dari Papaya Fresh Gallery, jalan lurus terus ke arah Golden Boutique Hotel, Echigoya terletak sekitar 2 gedung dari hotel tersebut. Ada signage yang besar terpasang di atas pintu masuk, jadi nggak perlu takut salah.
 Home Made Noodle!
Begitu masuk, di sebelah kanan terlihat ruangan dengan satu sisi berdinding kaca, yang berisi alat dan bahan untuk membuat ramen. Yup, they serves homemade noodle! Jadi jangan heran lihat tepung yang bertebaran di lantai ruangan itu, mesin pembuat mie, dan karung-karung tepung yang menumpuk. Sementara di sisi kiri tampak sederetan rak yang penuh dengan berbagai komik dan bacaan berbahasa Jepang. Interiornya sendiri sederhana dengan didominasi nuansa kayu yang nyaman.
Gyoza (Rp 29.800,-)
Menu yang wajib untuk dipesan setiap di restoran Jepang. Bisa dibilang Gyoza yang ada di Echigoya adalah yang terenak dari semua yang pernah gue coba. Dengan teknik steam-grilled, membuat isian daging di bagian dalamnya sangat lembut dan juicy, sementara tekstur kulitnya garing renyah. Dagingnya padat dan proporsi daun bawangnya menambah rasa lezat di setiap gigitan. Gyoza ini bahkan sudah sangat lezat walau tidak dicelupkan ke soy sauce.
 Horenso Butter (Rp 28.000,-)

 

Sesuai namanya, ini adalah bayam Jepang yang ditumis dengan butter dan daging ayam (bisa juga babi) lalu ditaburi biji wijen. Ini adalah menu yang wajib dipesan setiap datang ke Echigoya. Rasa butternya sangat khas dan membuat daging ayamnya semakin gurih. Sementara bayamnya ditumis dengan api yang sedang sehingga tetap renyah dan tidak terlalu layu saat disajikan. Namun dari pengalaman gue selama ini, Horenzo Butter di Echigoya Melawai selalu lebih enak dibanding yang cabang Citywalk. Entah apakah takaran atau merek butternya yang berbeda. Tapi itu nggak menghalangi gue untuk selalu memesan menu ini di cabang mana pun.

 

Echigoya Ramen (Rp 49.800,-)

 

Bisa dibilang ramen ini adalah andalan mereka dan mempunyai banyak peminat. Ramen dengan isi daun bawang, tauge, daging ayam atau babi, jagung, dan rumput laut kering. Penggemar sayuran pasti suka menikmati ramen ini karena sayurnya banyak, segar dan renyah. Untuk topping tambahan bisa memesan lagi sesuai selera, seperti telur dan butter. Gue biasa menyantap ramen ini dengan kuah shoyu sehingga rasanya semakin gurih.
Tekstur mie buatan Echigoya adalah tipis, keriting, dan kenyal yang tetap nikmat saat panas atau pun dingin. Untuk kuahnya, kalian bisa pesan shoyu, miso atau shio sesuai selera. Yang paling gue suka dari kuah ramen di Echigoya adalah apa pun jenis kuah yang dipilih, teksturnya ringan dan tidak terlalu kental, serta kaldunya tetap terasa gurih. Oh ya, perhatikan juga ukuran mangkok saat kalian memesan ya. Untuk mangkok ukuranlarge bisa dilihat dari foto perbandingan antara tangan gue dan mangkoknya. Besar banget kan? Mangkok ukuran large bisa share untuk 2 orang.

 

Tanmen Chicken (Rp 59.800,-)
Ramen dengan isi daging ayam, jagung, daun bawang, tauge, dan kol. Potongan dagingnya tebal dan cukup banyak. Gue biasa menyantap ramen ini dengan kuah shoyu sehingga rasa gurihnya semakin terasa tapi tetap pas, tidak terlalu kental atau berminyak.
Pirikara Ramen (Rp 49.800,-)
Ini adalah ramen favorit gue di Echigoya. Hampir di setiap kunjungan gue pasti memesan mie berkuah pedas yang hampir mirip seperti kari ini. Dengan isi sayuran, telur, dan daging ayam atau babi. Jangan lupa untuk menambahkan ninniku (bawang putih tumbuk) sehingga kuahnya semakin gurih dan aromanya semakin harum. Selalu sukses habis sampai tidak ada sisa kuah di mangkok!
Sejauh ini, Echigoya masih merupakan favorit gue untuk menikmati ramen lezat di Jakarta. Buat yang belum coba, silakan datang dan cicipi apakah Echigoya sesuai selera kalian atau tidak. 🙂
Echigoya Ramen
 
 

Jl. Melawai 8 No. 2A, Melawai, 
Jakarta Selatan
Telp: 021 – 7395962 

 

Citywalk Sudirman, Lantai 1, 
Jl. KH Mas Mansyur, Sudirman, Jakarta
Telp: 021 – 25558514

Opening Hours :

Monday – Friday :

Lunch : 11:30 am – 02:00 pm

Dinner : 06.00 pm – 01:00 am

Saturday and Public Holidays :

Lunch : 11:30 am – 02:30 pm

Dinner : 05:00 pm – 12:00 am

Sunday:

Lunch : 11:30 am – 02:30 pm

Dinner : 05:00 pm – 11:00 pm
Everyday (Cabang Citywalk) :
11.30 am – 10 pm
(Visited 25 times, 1 visits today)
 
Share it:
Posted in Asian Food, culinary and tagged , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *