Hajime Ramen House, the First Steak Ramen in Indonesia

** Originally posted on September 26, 2015

Sebagai penggemar ramen, gue selalu senang setiap ada restoran baru yang fokus kepada olahan mie ala Jepang ini. Salah satunya adalah Hajime Ramen House yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk. Dengan mengusung tagline: “The first steak ramen in Indonesia”, mereka menyajikan steak sebagai topping di setiap olahan ramen. Gimana nggak bikin penasaran kan yaaa.
Hajime Ramen sendiri berasal dari Tokyo dan diciptakan oleh Chef Uchida Gen di tahun 2009. Kelezatan ramen olahannya berhasil meraih beberapa penghargaan bergengsi, salah satunya adalah “Tokyo Ramen of The Year”pada tahun 2010 dan 2011. Berkat penghargaan tersebut pesona steak ramen Hajime pun semakin meluas di negara asal bunga sakura ini. Nggak heran kalau ternyata ada beberapa pengunjung yang tidak asing dengan restoran ini karena mereka pernah mengunjungi dan merasakan langsung ramen ini di Jepang.

Restoran ini berada di deretan Ruko Elang Laut, Pantai Indah Kapuk. Lokasinya sendiri cukup besar. Terdiri dari area smoking (semi outdoor) dan non smoking (indoor). Didominasi dengan unsur kayu, lukisan bunga sakura di dinding, dan beberapa hiasan tanaman bambu membuat unsur negara Jepang sangat terasa di restoran ini. 

100% Kaldu Sapi
Home Made Ramen

Yang menyenangkan dari Hajime Ramen House adalah adanya konsep open kitchen di restoran mereka. Pengunjung dapat memperhatikan keseruan aktivitas chef dan para staf di dapur. Kita juga bisa ajak mereka ngobrol lho mengenai proses pembuatan ramen atau menu lainnya. Di samping dapur juga ada ruangan pembuatan ramen lengkap dengan mesinnya. Yup, restoran ini menyajikan home made ramen. Selain itu seluruh hidangan mereka juga bebas dari MSG dan halal lho. Mereka menggunakan garam Mongolia sebagai bumbu untuk menonjolkan rasa yang kuat di dalam kaldunya. Sementara itu seluruh beef steak mereka menggunakan daging sapi premium bagian sirloindari Australia. 

Gyoza (Rp 38.000,-)

Setiap bersantap di restoran Jepang, gue pasti selalu memesan gyoza sebagai appetizer atau side dish. Nah, gyoza di sini rasanya enak. Kulit gyoza tipis dan lembut melapisi daging ayam yang padat dan sangat juicy. Isi dagingnya sangat gurih, terasa bumbu bawang putih dan sedikit lada di dalamnya. Ukurannya pun cukup besar. Langsung jadi hidangan favorit! Oh ya, kulit gyoza yang digunakan pun home made from the scratch lho.

Beef Garlic Steak (Rp 98.000)
 
Side dish yang satu ini agak tricky untuk dinikmati. Kalau kamu merupakan penggemar bawang, pasti akan menyukai rasanya. Rahasia kelezatannya memang ada di tumpukan bawang yang ada di bagian bawah daging. Rasa gurih dari bawangnya sangat kuat dan tercampur sempurna dengan home made dressing khas Hajime. Sementara dagingnya lembut tetapi rasanya hambar. Jadi memang harus dinikmati lengkap bersama bawangnya.
Chicken Salad (Rp 48.000,-)
Beef Salad (Rp 58.000,-)

Sedang diet tapi tetap ingin menikmati makanan yang lezat? Coba pesan menu yang satu ini. Sayuran segar dipadukan dengan minyak zaitun dan home made dressing, dilengkapi topping grilled chicken atau beef steak, serta pangsit goreng yang renyah. Porsinya cukup besar dan bisa dinikmati oleh 2 orang. Daging ayam atau sapinya sangat lembut. Gue lebih suka topping yang ayam karena bumbu rempahnya lebih meresap dan sangat juicy.
 
Beef Ramen Hajime (Rp 88.000,-)
 
This is the original ramen from Hajime. Ramen yang dilengkapi dengan beef steak, irisan bambu, daun bawang, serta taburan onion tempura di atasnya. Kuahnya sangat ringan dan terbuat dari 100% kaldu daging sapi yang direbus selama 8 jam. Untuk steaknya kita dapat memilih level medium atau well done sesuai selera. Dagingnya sangat empuk, juicy, dan gurih. Sayang kuahnya sedikit hambar kalau menurut pendapat gue, jadi rasanya kurang istimewa.
Chicken Ramen Hajime (Rp 68.000,-)
 
Untuk ramen yang ini, menggunakan topping utama grilled chicken dan telur ayam omega 3, serta kuahnya terbuat dari rebusan ayam selama 8 jam. Beda dengan yang beef, kuah chicken ramen ini lebih menonjol rasa asin dan bumbunya. Daging ayamnya tebal dan sangat juicy. Telur rebusnya dimasak dengan baik, saat dibelah kuning telurnya dalam keadaan setengah matang dan sangat lembut.
 
Hot Plate Beef Hajime (Rp 88.000,-)
 
Hidangan yang satu ini masuk ke kategori fusion ramen. Disajikan di atas hot plate, membuat ramennya menjadi renyah dan ada sensasi rasa smokey di bagian dasarnya. Kuahnya ada di mangkuk terpisah dan rasanya cukup ringan tidak terlalu berbumbu. Cara makannya hampir mirip dengan Tsukemen, yaitu ramennya dicelupkan ke dalam kuah. Tapi kalau gue lebih suka menuangkan sedikit kuahnya ke hot plate lalu diaduk agar bumbu di bagian dasar hot plate tercampur merata.
 
 Chicken Spicy Tori Paitan (Rp 68.000,-)

Beef Spicy Tori Paitan (Rp 88.000,-)
Ini adalah ramen favorit gue. Untuk toppingnya tidak berbeda dengan ramen kuah lainnya di Hajime. Tetapi kuahnya pedas, lebih kental, sangat berbumbu dan berminyak. Pas banget sama lidah Indonesia gue yang senang dengan “ramainya” bumbu di dalam suatu masakan. Untuk level pedasnya bisa dipilih sesuai dengan kemampuan masing-masing. 
Beef Teriyaki Don (Rp 78.000,-)
 
Untuk setiap Donburi, Curry Rice, dan Bento Box dilengkapi dengan semangkuk sup miso yang segar. Nah, Beef Teriyaki Don ini sayang sekali kurang terasa bumbunya dan tidak meresap ke daging. Sehingga gue perlu meminta tambahan saus teriyaki agar lebih nikmat.
 Bento Box (Rp 58.000,-)

Kaki (oyster) Fry (Rp 38.000,-)
 
Kalian bisa memilih 2 jenis topping berbeda untuk Bento Box. Topping favorit gue adalah Chicken Teriyaki, Gyoza, dan Kaki (oyster) Fry. Oysternya terasa segar dan teksturnya sangat lembut, dilapisi tepung renyah di bagian luarnya. Sementara untuk Saba (ikan makarel), rasanya asin sekali buat gue dan aromanya agak amis.
Beef Curry Rice (Rp 88.000,-)
 
Beda dengan kari India, olahan negara Jepang bumbunya lebih manis dan tidak pedas. Beef Curry Rice di sini enak banget. Tekstur dagingnya lembut, empuk dan gampang mrotol satu sama lain. Hampir mirip dengan daging ribsnya The HolyRibs. Saus karinya kental dan meresap ke daging.
Mango Smoothies (Rp 28.000,-)
Mochi Ice Cream (3 flavours Rp 78.000,-; 1 flavour Rp 28.000,-)
 
Minuman favorit gue di sini adalah Mango Smoothies. Rasa mangga manisnya pas, dilengkapi dengan jelly rasa jeruk dan mangga. Untuk dessert jangan lewatkan Mochi Ice Cream mereka. Ada 3 pilihan rasa yang bisa kamu pilih. Mochinya lembut sekali, komposisi rasa antara es krim dan lapisan mochinya sangat pas. Segar banget dan pas buat dinikmati siang atau pun malam hari.
Dari segi pelayanan, staf mereka termasuk ramah, cepat, dan tanggap. Mengingat konsep ramen halal dan steak ramen yang diusung oleh Hajime, gue rasa mereka dapat berkembang dengan baik di antara ketatnya persaingan bidang kuliner di Jakarta, khususnya masakan Jepang.
Hajime Ramen House
Ruko Elang Laut Blok C 19-20, Jl. Pantai Indah Selatan 1
Pantai Indah Kapuk
Telp: 021 – 22510098
Twitter: @HajimeOrigin
Operation Hours:
Monday – Sunday
Lunch: 10.00 am – 2.30 pm
Dinner: 5 pm – 10 pm

(Visited 73 times, 1 visits today)
 
Share it:
Posted in Asian Food, culinary and tagged , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *