Jjang Korean Noodle and Grill, Affordable Korean Food for Us

** Originally posted on May 11, 2015

 

Dengan semaraknya drama-variety show-pertunjukan budaya Korea di Indonesia, tentu saja banyak yang sudah nggak asing lagi dengan makanan Korea ya. Semakin banyak restoran Korea yang hadir di Jakarta untuk memanjakan penggemar masakan dari negara ginseng tersebut. Salah satunya adalah Jjang Korean Noodle and Grill, yang gue kunjungi bersama beberapa orang teman saat makan siang beberapa waktu lalu. Jjang (짱), dalam bahasa Korea memiliki arti hebat atau yang terbaik. Bisa disimpulkan dong ya, kalau restoran ini menonjolkan menu mie dan daging panggang yang halal sebagai sajian terbaik mereka. 
 

 

Terletak di lantai dua sebuah bangunan, restoran ini memiliki aura yang sederhana dan nyaman. Untuk penggemar drama Korea pasti langsung terasa akrab dengan suasana yang dirasakan ketika memasuki restoran ini. Soalnya memang dekorasinya mirip seperti yang sering tampil di drama Korea, dengan nuansa dominan kayu dan konsep dapur yang semi terbuka (kita bisa melihat aksi koki asal Korea dibalik kaca yang membatasi area makan dan dapur).

 

 Pajeon (Rp 49.000,-)
Sebagai hidangan pembuka, kami memesan Pajeon yang dikenal sebagai pancake ala Korea. Hidangan ini terbuat dari beberapa sayuran hijau, telur, tepung, daging sapi, dan seafood. Ukurannya cukup tebal, dengan rasa yang gurih. Isi daging dan seafoodnya pun lembut dan tidak alot saat dikunyah. Namun, entah apakah karena adonan tepungnya kurang banyak atau hal lain, menurut gue pajeon yang mereka hidangkan lebih bertekstur seperti telur dadar biasa. Sementara gue sudah terbiasa dengan pajeon yang unsur dadar dan tepungnya seimbang, yang mana adonannya akan lebih chewy dan garing di lapisan luarnya.
Kimbab (Rp 39.000,-)
Hidangan lain yang kami pesan adalah Kimbab, yaitu nasi gulung dengan isi sayuran, daging sapi, telur dan dilapisi dengan rumput laut kering di bagian luar. Ukurannya cukup besar dan seporsi terdiri dari potongan yang cukup banyak. Bumbu daging sapinya manis dan gurih. Gue suka dengan proporsi yang seimbang antara nasi dan isinya. Ini salah satu hidangan favorit kami siang itu.

 
Japchae (Rp 59.000,-)
Japchae yang dihidangkan oleh Jjang Noodle and Grill juga salah satu favorit kami! Hidangan klasik Korea ini terbuat dari glass noodles (so’un), jamur, sayuran, daging, dan diberi taburan biji wijen. Gue suka sekali rasa manis dan asinnya yang seimbang, juga rasa gurih yang berasal dari tumisan jamur dan daging. Teksturnya ringan dan bisa dinikmati sebagai appetizer atau pun main course bersama hidangan lainnya. Buat gue, terasa kurang kalau hanya menikmati satu porsi. 🙂
Bul Kalbi (Rp 255.000,-)
Salah satu hidangan utama yang kami pesan adalah Bul Kalbi, iga sapi tipis yang dipanggang dan dihidangkan bersama sayuran, kimchi, dan saus samjang. Rasanya juara! Teksturnya tipis dan lembut, dipanggang dengan baik sehingga dagingnya masih terasa juicy, dan bumbu rendaman dagingnya asin gurih. Saking enaknya, sambil nulis ini gue masih terbayang rasanya dan pengen makan lagi.
Budae Jiggae (Rp 149.000,-)
Selanjutnya ada Budae Jiggae yang terdiri dari mie, kue beras ala Korea, berbagai sosis dan sayuran. Ukurannya sangat besar, seporsi bisa dinikmati oleh 2 hingga 4 orang. Rasanya sangat segar karena hidangan ini dimasak langsung di depan pengunjung yang memesannya. Kita bisa memilih tingkat kematangan mie yang diinginkan, apakah matang atau setengah matang. Kaldunya gurih pedas menyegarkan. Menurut gue, ini adalah tipe comfort food yang bisa dinikmati kapan saja.
Yoghurt Soju (Rp 179.000,-)
Selesai makan, kami pun mencoba Yoghurt Soju yang ada di daftar menu. Gue sendiri sudah pernah beberapa kali menikmati soju, jadi nggak asing dengan rasanya. Minuman ini manis asam menyegarkan, dengan cita rasa soju yang kuat. Sangat pas dinikmati siang itu karena cuaca yang cukup panas.
Patbingsu (sorry, i forgot the price)
Dessert ala Korea ini merupakan es serut dengan topping kacang merah, buah-buahan, sereal, dan susu. Porsinya cukup besar dan bisa dinikmati oleh 2 orang. Sayangnya, hidangan ini terlalu manis buat gue, tapi rasanya cukup menyegarkan. Mungkin kalau lain kali memesan ini, gue akan meminta tanpa tambahan susu supaya lebih pas di lidah.
Jjang Korean Noodle and Grill bisa jadi pilihan kalian bila ingin menikmati hidangan Korea enak dengan harga terjangkau. Apalagi beberapa hidangan ukurannya cukup besar sehingga bisa dishare dengan keluarga atau teman. Gue sendiri nggak akan ragu untuk berkunjung di lain waktu. 🙂
Jjang Korean Noodle and Grill
Jl. Wolter Monginsidi, No. 39, 
Lantai 2, Senopati, Jakarta.
Telp: 021 – 7229749
Instagram: jjangnoodle

Operational Hours:
Everyday 11 am – 10 pm

(Visited 19 times, 1 visits today)
 
Share it:
Posted in Asian Food, culinary and tagged , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *