Mars Kitchen, Healthy Treats for Everyone

** Originally posted on June 3, 2015

 

Apa yang ada dalam pikiran kalian ketika mendengar atau membaca tentang makanan organik? Pasti sebagian besar ada yang berpikiran kalau makanan organik itu ribet nyiapinnya, harga bahannya mahal, rasanya kurang nikmat dan gurih, dan semacamnya kan? Tapi saat ini, dengan semakin berkembangnya gaya hidup sehat, semakin banyak pula cara kita bisa menyantap makanan berbahan organik yang enak dan terjangkau harganya. Mulai dari banyaknya toko yang menjual bahan organik, dari sayur hingga ayam, sampai dengan menjamurnya restoran atau kafe yang menawarkan hidangan organik di dalam menunya.

 

Mars Kitchen (Photo Courtesy of MarsKitchen’s Instagram)
Menu Mars Kitchen
Salah satunya adalah Mars Kitchen di daerah Fatmawati. Kafe mungil ini menyajikan berbagai hidangan organik dan juga menjual beberapa bahan masakan organik. Awalnya, konsep Mars Kitchen milik Chef Rinrin Marinka ini adalah menjual bahan-bahan masakan organik dan juga sekaligus cakery. Namun seiring berjalannya waktu, mereka mengembangkan dan menambah hidangan lain ke dalam menu, yang dapat dinikmati sebagai hidangan utama. 

Gue datang ke Mars Kitchen di Sabtu pagi. Belum ada pengunjung yang datang selain gue. Sengaja sih datang pagi, supaya lebih leluasa untuk foto tanpa mengganggu pengunjung yang lain, mengingat tempatnya yang tidak begitu luas. Begitu masuk ke dalam kafe, terasa suasananya yang nyaman dengan interior yang didominasi nuansa kayu. Warna yang digunakan sebagai dekornya pun beragam dan menambah kesan ceria di dalamnya.
Di bagian teras kafe ada area mungil yang rindang, sementara di bagian dalamnya terbagi antara area makan,cakes display dan juga rak berisi bahan-bahan organik yang dijual oleh Mars Kitchen. Staff yang menyambut ramah dan sigap menjelaskan menu yang ada. Berhubung masih pagi dan perut gue “nggak siap” untuk makan nasi , maka gue pun memesan Carrot Cake dan Infused Water. Sementara Soba Salad akan dihidangkan berikutnya.
Infused Water (Rp 10.000,- for small jug)
Berisi potongan lemon, apel, mentimun, strawberry, dan daun mint. Disajikan dengan air dingin dan bisa isi ulang bila airnya sudah habis. Yang menyenangkan adalah potongan buahnya cukup banyak. Aromanya pun segar.

 

 

Carrot Cake (Rp 35.000,- per slice)
Bisa dibilang ini salah satu Carrot Cake yang enak di Jakarta. Krimnya sangat ringan dan tidak begitu manis, pas dengan selera gue. Tekstur kuenya padat dan terlihat cukup kasar tapi ternyata sangat moist. Nggak bikin seret di tenggorokan, langsung nyess! One of the lightest and most enticingly moist carrot cakes.
Berhubung Mars Kitchen menyajikan hidangan organik, jadi semua kue yang disajikan bebas gula dan pengawet, tanpa pewarna atau perasa buatan, beberapa tanpa susu,  dan juga tanpa mentega. Tapi nggak usah khawatir, rasanya tetap enak kok dan harganya sangat terjangkau. Kalian juga bisa pesan whole cake(seloyang) dengan memesan terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya.

 

Healthy Chicken and Vegetables Curry (Rp 45.000,-)

 

Berikutnya adalah Kari Ayam dan Sayuran. Dengan konsep makanan sehat, maka Mars Kitchen menyajikan hidangan ini dengan menggunakan daging ayam dan telur organik, sayuran yang segar, dengan saus kari spesial dan dilengkapi dengan nasi putih dari beras organik yang aman bagi penderita diabetes sekalipun. Gue suka dengan rasa saus karinya yang ringan dan terasa gurih, ladanya juga cukup menonjol. Daging ayamnya empuk, namun sayangnya saat itu gue hanya mendapat 3 potong kecil yang “ngumpet” di balik tumpukan wortel. Makan ayamnya sampai disayang-sayang biar nggak keburu habis duluan, hahaha. Mungkin lain kali bisa diseimbangkan antara jumlah potongan ayam dengan sayurannya.
Nah, mungkin ada yang bingung kenapa kok awalnya gue mau pesan Soba Salad malah jadi makan ini? Jadi seperti yang sudah disebut tadi, gue datang cukup pagi, sekitar jam 10.30 (mereka buka jam 10 pagi). Awalnya yang dikeluarkan adalah cake dulu sesuai dengan permintaan gue. Sambil menikmatinya, gue pun kerja balas-balasin email via handphone. Sampai nggak terasa tau-tau udah sekitar jam 11.30. Di saat gue mau minta agar salad disiapkan untuk dihidangkan, salah satu pelayan datang dan meminta maaf karena menu yang gue mau belum bisa disajikan. Saat gue tanya, alasan yang mereka berikan adalah: “Chef kami belum datang”. Hmmm, oke…gue pun bersedia menunggu walau jidat agak kerut-kerut dikit karena bingung. (FYI, chef yang dimaksud bukan Marinka tapi orang lain yang memang bertanggung jawab di operasional harian dapur Mars Kitchen)
 
Akhirnya untuk mengisi waktu sambil menunggu, gue pun lanjut ngurusin kerjaan lagi. Yang mana nggak terasa, tau-tau udah sekitar jam 12an dan gue akhirnya mulai gelisah. Berapa lama lagi gue harus nunggu? Gue pun menanyakan lagi tentang pesanan yang diinginkan dan dijawab sama oleh pelayan tersebut: “Chefnya belum datang”. Berhubung gue masih mau ada acara lain dan udah jam makan siang, jadilah setuju dengan pilihan menu yang tersedia saat itu, yaitu healthy chicken and vegetables curry.
Gue memang nggak tau bagaimana sistem di Mars Kitchen. Tapi mengingat kafe tersebut buka jam 10 pagi, sementara kokinya belum datang hingga jam 12 lewat tentu agak nggak lazim kan? Staff yang memberi tahu ke gue pun tidak bisa menjelaskan kenapa kokinya belum datang, yang mana kalau alasannya masuk akal pasti bisa dimaklumi. Apalagi ternyata dari menu hidangan utama yang ditawarkan hanya ada pilihan kari atau ayam kuah asem pedas (yang setidaknya bisa gue bikin sendiri di rumah walau rasanya berbeda), menu utama lain tidak bisa dipesan karena harus dibuat oleh koki. Padahal biasanya gue datang ke suatu restoran atau kafe karena ingin mencoba menu baru atau yang dibilang orang enak. Kenapa gue pilih soba salad? Soalnya banyak yang bilang, buatan Mars Kitchen enak maka gue penasaran. Semoga lain kali hal ini tidak terulang, sehingga nggak ada yang kecewa. 🙂
Gue sendiri pasti akan berkunjung lagi ke Mars Kitchen karena masih penasaran dengan menu yang lainnya. Buat kalian yang ingin menikmati hidangan sehat organik dengan rasa yang lezat dan harga terjangkau, bisa langsung ke Mars Kitchen. Healthy treats just for you by Chef Marinka!
Mars Kitchen
Jl. RS Fatmawati Raya No 14b
Instagram: @marskitchen 
 
Operation Hours:
10.00 – 20.00
 
For Pre-Order: Line marskitchen/WA 081311665788
(Visited 17 times, 1 visits today)
 
Share it:
Posted in culinary, Indonesian Food and tagged , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *