Mie Alip, Salah Satu yang Jadi Favorit

** Originally posted on February 25, 2015

 

 

Teman gue pernah cerita tentang Ibunya yang seorang penggemar mie ayam. Buat beliau, mie ayam itu cuma ada yang enak dan enak banget, hahahaha. Gue juga merupakan salah seorang penggemar mie ayam dan ada yang rasanya enak, ada yang biasa aja kalau berdasarkan selera gue. Ada banyak faktor yang cukuptricky untuk membuat mie ayam enak. Mulai dari kaldu yang gurih, rasa olahan daging ayamnya, jenis mie yang digunakan, dan lain-lain.
Nah, di daerah Sawah Besar ada mie ayam yang enak dan halal, namanya Mie Alip. Sering diliput oleh majalah dan stasiun tv. Jadi, ketika gue dan salah seorang teman sedang beredar di daerah itu, ya kenapa nggak sekalian makan di situ aja?
Kami datang Minggu pagi sekitar jam 10. Yang ternyata jam segitu, udah penuh dengan orang-orang yang antri mau sarapan. Sabar mau antri adalah kunci utama kalau mau makan di tempat ini. Walau antriannya banyak, gue perhatikan karyawannya sangat cekatan membuat mie sesuai urutan pesanan. Jadi jangan harap bisa nyalip-nyalip antrian ya, pasti pesanan kita akan dibuat kok. Ada dua jenis mie yang bisa dipilih, yaitu mie ayam keriting kecil atau mie lebar sejenis kwetiau. Selain itu juga bisa pilih mau manis (yamin) atau asin.

 

 

Tempatnya sendiri nyelip kecil di antara bangunan lain yang lebih besar. Ada spanduk cukup besar berwarna kuning dengan tulisan Mie Alip berwarna merah. Bangunannya memanjang ke belakang dan terdiri dari dua lantai.

 

Sambil menunggu pesanan, pengunjung juga bisa menikmati berbagai makanan ringan yang tersedia.  Mulai dari kue tradisional, roti, pangsit goreng, sampai bakso goreng bisa dipilih.

 

 

Bakso Goreng (Rp 5.000 per butir)

Bakso Gorengnya terbuat dari campuran ayam dan udang. Bagian luarnya garing sementara dalamnya cukup kenyal. Pas dinikmati dengan sambal merek Belibis yang disediakan oleh mereka.

Pangsit goreng (Rp 7.000,-)

Beda dengan pangsit goreng pada umumnya yang biasanya segitiga, di sini bentuknya segi empat. Ukurannya bisa dibilang besar, kira-kira sama dengan kertas A5. Teksturnya biasa saja, tidak terlalu garing tapi juga tidak terlalu empuk. Sementara isi pangsitnya bisa dibilang sedikit kalau dibandingkan dengan ukurannya.

Mie lebar yamin manis bakso dan pangsit rebus (Rp 27.000,-)

Porsinya cukup besar. Tekstur mienya halus dan lembut. Rasa manisnya pas. Olahan ayamnya dicampur dengan jamur dan rasa bumbunya manis gurih. Untuk bakso dan pangsit rebusnya nggak terlalu istimewa buat gue. Kuahnya cukup gurih dan tidak terlalu asin. Sehingga ketika dituang ke dalam mangkok mie, tidak merusak rasa bumbu dari olahan mie dan ayamnya.

Mie lebar yamin asin ati ampela dan pangsit rebus (Rp 29.000,)

Beda dengan yamin manis, dimana mienya sudah dicampur dengan kecap manis, untuk yamin asin ini bumbu dan kecap asinnya tampak dicampur dalam mangkok olahan ati ampela. Untuk olahan ayam, juga dicampur dengan jamur. Kuah yang dituang ke dalam mangkok mie meringankan rasa asinnya.
Buat penggemar mie ayam, Mie Alip bisa dijadikan salah satu yang favorit untuk disantap. Dengan beberapa jenis mie dan olahan yang berbeda, kalian bisa memilih sesuai selera dan mencoba campuran baru yang mungkin tidak tersedia di penjual mie ayam lainnya. Selamat mencoba!
Mie Ayam Alip
Jl. Sukarjo Wiryo Pranoto No.20C
(Jl. Sawah Besar)
Jakarta Pusat
Telp: 021-3458688
HP: 08129578070

Buka Jam : 05.30 – 15.00
(Visited 105 times, 1 visits today)
 
Share it:
Posted in Asian Food, culinary and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *