Picnic Ristorante, a Cozy Place for “Picnic”

** Originally posted on May 13, 2015

 

 
Kalau dulu Bendungan Hilir lebih terkenal dengan jajanan kaki limanya, sekarang semakin banyak kafe atau restoran mungil yang hadir di kawasan ini. Salah satu pendatang baru itu adalah Picnic Ristorante. Lokasinya ada di belakang 7-Eleven Bendungan Hilir. Beberapa waktu lalu gue nggak sengaja melewati restoran mungil ini saat jam makan siang dan terlihat cukup ramai. Walau tidak begitu besar tapi tampak nyaman.

 

 

 

 

Penasaran, maka gue pun datang untuk makan malam di sini bareng sama Pito. Di sisi kiri ada meja memanjang dengan kursi kayu dan sofa, sementara di sisi kanan ada beberapa meja dilengkapi dengan kursi dan sofa panjang. Di bagian meja kasir ada etalase yang menampilkan beberapa dessert. Kalau malam pengunjungnya lebih sedikit dan tenang, auranya nyaman. Di beberapa sisi dinding ada gambar yang menampilkan suasana piknik sesuai dengan nama restoran ini.

 

 

Dilihat dari menunya, Picnic Ristorante menyajikan hidangan Asia, khususnya Thailand dan Indonesia. Ada juga beberapa menu western yang dapat dipilih. Berhubung sebelum datang gue sudah intip Instagramnya, jadi gue ada gambaran menu apa yang jadi favorit di sini. Tapi tetap aja sebelumnya ngobrol dengan pelayannya untuk tanya pendapat mereka supaya lebih yakin lagi. Sesuai dengan rekomendasi dari Instagram dan beberapa staff, akhirnya kami memilih beberapa menu ala Thailand.

 

Farmer’s Chicken Wings (6pcs / Rp 30.000,-)
Gue suka tekstur kulitnya yang garing dan renyah, sementara bagian daging ayamnya tetap juicy. Tapi sayangnya bumbu di bagian kulit terlalu asin buat gue. Saus asam manis pedas ala Thai-nya enak. Namun, rasa asin yang berlebihan ternyata bisa diatasi dengan mencocol sausnya. Keseluruhan rasanya menjadi gurih asin manis pedas dengan sedikit asam yang lezat.
Tom Yam Fried Rice (Rp 35.000,-)
Sejujurnya, begitu nasi goreng ini disajikan di meja, gue agak kecewa melihat penampilannya yang plain. Dalam hati sempat bertanya: “mana udang, cumi, bakso, dan pelengkap lainnya nih?”. Tapi emang ya pepatah“Don’t judge a book by it’s cover” itu ada benarnya. Kekecewaan langsung sirna begitu sendok membelah gundukan nasi goreng. Ternyata di balik nasi ada bakso ikan, cumi, dan udang dengan potongan besar dan banyak. Dilengkapi dengan kerupuk warna-warni dan sambal hijau untuk yang merasa kurang pedas. Rasanya pun enak, gurih, dan wangi. Walau bumbunya tidak terlalu pekat tapi merata dengan baik, aroma daun ketumbarnya kuat, begitu pun dengan rasa asam pedasnya. Satu saran dari gue, mungkin lain kali takaran minyak gorengnya bisa dikurangi.
Festivity Meatball Tom Yam (Rp 35.000,-)
Porsi baksonya cukup besar dan dengan isinya yang banyak, sudah pasti mengenyangkan. Terdiri dari jamur, udang, bakso ikan, dan bakso daging. Bisa pilih mau dinikmati dengan nasi atau bihun. Gue suka aroma daun ketumbarnya yang kuat, tapi untuk kuahnya terasa kurang asam bagi selera kami.
 Mixed Thai Dessert (6 pcs / Rp 20.000,-)
Takoh
Untuk dessertnya, kami pilih Mixed Thai Dessert yang terdiri dari Takoh (sweetcorn talam), Manciam(traditional Thai steamed Cassava), Hunkue (cassava talam with cheese). Berhubung gue nggak begitu suka manis, jadi Manciam dan Hunkue kurang berkesan buat gue. Juara pada malam itu adalah Takoh! Disajikan dalam keadaan dingin dan literally melt in our mouth. Kue ini terdiri dari beberapa lapisan. Di bagian atas adalah krim kelapa asin, sementara bagian bawahnya adalah jelly jagung manis yang dihiasi dengan beberapa butir jagung. Saking sukanya, ketagihan beberapa kali beli Takoh buat diri sendiri di kunjungan berikutnya.
Oh ya, setiap bulannya ada promo yang menarik bagi para pengunjung. Untuk bulan Mei 2015 ini, ada paketlunch sebesar Rp 50.000,- dengan beberapa pilihan menu yang menarik. Picnic juga menyediakan hamperscantik berisi dessert atau snack, ada juga paket ulang tahun atau katering bagi acara kalian. Menarik kan untuk dicoba? 🙂
Picnic Ristorante
Jl. Bendungan Hilir III No 3
Jakarta Pusat
Telp: 021 – 95200729
Operation Hours:
Everyday 11 am – 11 pm
(Visited 14 times, 1 visits today)
 
Share it:
Posted in Asian Food, culinary, Indonesian Food and tagged , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *