Pondok Pitaya – Hotel, Surfing, and Yoga

Apa saja daerah yang biasa kalian kunjungi saat liburan di Bali? Mungkin sebagian besar akan menjawab Kuta, Seminyak, Nusa Dua, Ubud dan beberapa tempat populer lainnya. Pesona alam Bali memang tersebar merata di seluruh pulaunya. Dari pantai, pegunungan, sampai sawah semua sama menariknya. Tapi adakah yang pernah berlibur di Bali dengan pemandangan pantai, laut, tebing cantik, sawah, dan sungai sekaligus? Belum? Nah, semua itu ternyata bisa didapatkan di Balian, Tabanan.

Jadi awal Maret lalu, gue ke Bali dalam rangka late birthday trip. Awalnya cuma mau sekitar tiga hari, tapi terus janjian dengan beberapa teman yang tinggal di Bali dan akhirnya perjalanan molor jadi seminggu. Atur-atur jadwal dan ternyata pas banget bisa berkunjung ke daerah Balian di Tabanan. Sekalian ketemu Opi dan Darius yang memang tinggal di sana.  🙂 

Perjalanan dari airport ke Balian dapat ditempuh dalam waktu 1,5 – 2 jam, tergantung dengan situasi lalu lintas. Pas gue ke sana, awalnya tidur di mobil, ngantuk akibat early flight. Pas bangun, masih di jalan tapi kata supirnya udah masuk daerah Balian. Lalu gue pun langsung nengok kanan kiri lihat pemandangan yang rawisuwis. Nengok kanan, iiih…sungainya bagus amat! Nengok kiri, waaaww…tebingnya tinggi ya! Gitu aja terus sampai diketawain sama supir mobil sewaan gue.  😆

Pondok Pitaya

Pondok Pitaya – Hotel, Surfing, and Yoga

pondok pitaya 11pondok pitaya 2

Reception and Restaurant Area

pondok pitaya 10

Surfer Suite Area

Di Balian, gue menginap di Pondok Pitaya – Hotel, Surfing, and Yoga. Letaknya persis di Pantai Balian, Tabanan – Bali. Kenapa pakai ada embel-embel surfing dan yoganya? Jadi ombak di daerah Balian ini memang sudah terkenal sejak dulu bagi para surfer. Kalau mungkin di tempat lain di Bali ombaknya lagi tenang, di Balian selalu “aktif”, makanya jadi favorit surfer. Berhubung sebagian besar pengunjung adalah para pria, maka Pondok Pitaya pun menyediakan yoga retreat untuk menarik tamu wanita. Suasananya yang tenang dan dikelilingi alam bikin liburan gue jadi damai dan waktu berjalan lambat banget kayaknya di sini. 

pondok pitaya 9

Here is Green, There is Green, Everywhere it’s Green!

pondok pitaya 6

River Suite Area

pondok pitaya 7

Terrace Room

pondok pitaya 4pondok pitaya 5pondok pitaya 8

River Suite Room

pondok pitaya 9

Bathroom

Sampai di Pondok Pitaya, gue langsung diantar ke kamar yang terletak di River Suite. Deretan kamarnya ada di bagian belakang hotel dan menghadap taman yang asri. Kamar gue ada di lantai dua. Desain kamarnya sendiri rustic natural dan dipenuhi dengan perabotan etnik Indonesia. Suasananya juga tenang banget, kalau malam bagai dinina boboin sama suara jangkrik dan debur ombak di pantai. Kalau pagi, gue suka banget duduk ngopi di teras kamar sambil jemuran matahari dan ngecengin yang ijo-ijo (baca: taman).

Fasilitas kamarnya ada ac, perlengkapan minum, jemuran baju, “alat perang” melawan nyamuk (tapi selama gue nginep sana sih nggak digigit nyamuk sama sekali ya), but no tv and wifi (wifi bisa didapatkan di restoran hotel). Kamar mandinya semi terbuka. Yang mana seru-seru aja kalau siang, tapi mungkin agak bikin deg-degan ya kalau tengah malam apalagi buat yang nginep sendirian kayak gue, hahaha (makanya jangan kebanyakan nonton horor, Niet!  😛 )

So, what to do in Balian? Mungkin banyak yang masih bingung, kita bisa ngapain aja sih di tempat ini? Well, Pondok Pitaya menyediakan fasilitas dan aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Balian. Tujuannya memang agar semua tamu bisa bergerak aktif dan menyatu dengan alam selama liburan. 

pondok pitaya 3

Waterfall Trip. Kalian bisa melakukan hiking dan outbond untuk melihat air terjun Pujungan di daerah Pupuan, Tabanan – Bali. Biayanya Rp 250.000 per orang dan minimum 2 orang. Harga sudah termasuk transport PP Balian – Pupuan (sekali jalan sekitar 50 menit), guide berpengalaman, dan air minum.

pondok pitaya 13

Yoga. Ada dua kelas yoga yang disediakan oleh Pondok Pitaya, kalian bisa pilih mau pagi atau sore. Latihan diadakan di tempat semacam pendopo gitu yang dikelilingi dengan tanaman, pantai, dan sungai. Tenang banget suasananya. Gue sempat ikut kelas Ashtanga Vinyasa yang diajar oleh Nicky.

Ashtanga Vinyasa Yoga is a modern style of gymnastic exercises and stretching practiced in combination with breathwork and ancient yoga philosophy. (Source: Wikipedia)

Sesi kelas pagi diikuti oleh 6 orang. Diajar oleh Nicky sangat menyenangkan. Pembawaannya tenang dan selalu mengingatkan peserta untuk jangan memaksakan postur saat melakukan gerakan agar tidak cedera. Latihannya berjalan selama 1,5 jam yang sukses bikin keringetan! Oh ya, ada juga paket “Yoga Getaway” untuk 3 hari 2 malam bagi dua orang dengan harga Rp 4.190.000,- sudah termasuk kamar, voucher makan dan free breakfastpick up and drop out transport, etc. Ada juga private yoga class dan kalian bisa book Pondok Pitaya untuk yoga retreat. 

16-04-03-22-20-13-807_decopondok pitaya 12

Swimming Pool. Nggak biasa yoga atau surfing? Berenang aja sepuasnya! Capek setelah renang, bisa dilanjutkan dengan duduk-duduk sampai ketiduran. Tinggal pilih mau duduk menghadap kolam renang atau pantai.

 

pondok pitaya 19

Spa di bale-bale. Ada beberapa bale-bale yang disediakan di area taman Pondok Pitaya. Kalian bisa menikmati hot stone or Balinese massage di sini atau duduk-duduk baca buku dan nontonin yang lagi pada surfing.

Selain itu juga banyak keindahan alam Balian yang bisa kamu eksplor. Beberapa di antaranya adalah:

pondok pitaya 17 pondok pitaya 16 pondok pitaya 15 pondok pitaya 18pondok pitaya 20

Main / lari / duduk santai di pantai, surfing dan berenang di laut. Kalian bisa main pasir atau duduk santai di pantai, lari pagi atau sore, main sama anjing yang berkeliaran di pantai, surfing bareng tamu lainnya dan juga warga sekitar mulai dari pagi sampai sore, atau berenang di laut. Tinggal pilih aja sesuai favorit. Pokoknya puas-puasin dan please, jangan mikir takut kulit jadi hitam. Just live the moment and enjoy your holiday!

pondok pitaya 23pondok pitaya 22

Meditasi atau foto-foto di atas bebatuan. Kalau mau ke area ini, dari depan Pondok Pitaya kamu tinggal jalan ke arah kiri menyusuri pantai sampai ketemu dinding tebing dengan berbagai batu dan tanaman rambat di bawahnya. Hati-hati jangan sampai terpeleset pas lagi melangkah di batunya ya. 

pondok pitaya 23 pondok pitaya 24 pondok pitaya 25

Main di Secret Bay. Untuk ke daerah ini, kamu harus menyusuri jalan ke bagian atas, melewati rumah penduduk, dan menuruni beberapa anak tangga sebelum akhirnya tiba. Nggak perlu takut nyasar, tanya aja dimana letaknya ke penduduk lokal. Pasti akan dibantu dengan ramah.

Lokasi Secret Bay ini tenang banget. Pasirnya abu-abu halus dengan ombak yang jauh lebih tenang. Kalau air dan pasirnya sedang surut, kamu bisa merangkak melewati celah yang menembus tebing untuk pergi ke area pantai di sebelahnya.

pondok pitaya 26 pondok pitaya 27 pondok pitaya 28 pondok pitaya 29 pondok pitaya 29

Nonton sunset di Balian Cliff. Dari area Secret Bay tadi, kamu tinggal naik sedikit untuk tiba di tempat ini. Dari atas tebing kamu bisa melihat pemandangan laut, sunset, deretan pantai, dan orang-orang yang lagi mancing. Bahkan kalau langitnya lagi bersih dan kamu termasuk yang beruntung, saat berdiri di ujung tebing kamu bisa melihat Pulau Jawa bagian Jawa Timur di seberang lautan. Bisa dibilang ini tempat favorit gue di Balian. Suasananya tenang dan menyenangkan. Saking favoritnya, langsung nggak rela pas pulang karena langitnya udah mulai gelap.  😛 

pondok pitaya 28

Get close with locals and another travelers. Buat solo traveler kayak gue, ini penting banget supaya selama liburan kita nggak merasa kesepian. Memang ada saatnya sih pengen me time, tapi ya tentu tetap perlu berinteraksi sama orang lain juga kan. Di Balian gue disambut dan diajak keliling sama Darius – Opi yang memang tinggal di sana, lalu sempat mengobrol banyak juga dengan para staf Pondok Pitaya, plus dapat teman baru yang cantik dari Rusia. Segala macam hal diobrolin bareng mereka semua. Mulai dari pendidikan, pengalaman traveling ke berbagai negara, resep masakan, sampai pengalaman lucu dengan turis lainnya. 

Overall, kunjungan gue di Pondok Pitaya – Hotel, Surfing, and Yoga di Balian, Tabanan – Bali berjalan dengan sangat menyenangkan. Mulai dari hospitality yang ramah, makanan yang enak-enak (gue akan menulis postingan terpisah tentang ini), dan aktivitas seru yang gue jalani selama di sana. Terus langsung berasa kurang nginepnya. Jadi udah pasti, di liburan berikutnya saat ke Bali, wajib ke sini lagi. Tempat ini sangat nyaman dan cocok dikunjungi sendirian, bareng pasangan atau teman-teman, juga keluarga. I had a great staycation and i left my heart in Balian! Thank you so much Darius and Opi, also all staff of Pondok Pitaya.  🙂 

Pondok Pitaya Hotel, Surfing, and Yoga
Jl. Pantai Balian
Br Pengasahan – Desa Lalanglinggah
Kec. Selemadeg Barat
Tabanan – Bali 82162
Phone I: (+62) 0819 99849054
Phone II: (+62) 082 339552391
Email: information(at)pondokpitaya.com

 

(Visited 136 times, 1 visits today)
 
Share it:
Posted in Friendstuff, Holiday, Review and tagged , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *