Singapore Culinary Trip: Chinatown Complex

Chinatown Complex

Menutup series Singapore Culinary Trip kali ini adalah pengalaman gue nyobain beberapa makanan enak di Chinatown Complex. Tempat ini sebenarnya adalah gabungan antara pasar modern (1 lantai) dan food centre (2 lantai) yang gede banget. Saking gedenya, gue sempat nyari salah satu stall incaran selama 30 menitan, sampai capek istirahat beli minum dulu. Oh well, masalah gengsi doang sih, masa iya gue nggak bisa nemuin stallnya, jadi pantang minta bantuan. Emang malu bertanya, sesat dan lapar di jalan kemudian.  😆 

Ada sekitar 260 stalls di sini. Harga makanan yang dijual pun termasuk murah, mayoritas sekitar SGD 2-3. Chinatown Complex Food Centre merupakan tempat favorit warga lokal untuk mencari makanan enak. Memang saat gue ke sana, cukup sedikit jumlah turis yang datang jika dibandingkan sama food centre yang lain. Tapi hal ini tidak menghilangkan pesonanya untuk dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa makanan yang gue coba di sana:

1. Bangkok Thai Food (Stall #02-121)

Bangkok Thai FoodBangkok Thai Food

Tom Yum Fried Rice (SGD 4)

Agak absurd sih ya, di Singapore malah pesan makanan Thailand. Tapi pas pertama kali ke sini, udah kemalaman datangnya dan agak masuk angin. Jadi butuh makanan yang mengenyangkan, hangat, dan enak biar nggak kesal. Pas kebetulan lewat stall ini, antriannya ramai banget jadi penasaran.

Bumbu Tom Yum Fried Ricenya enak. Asam dan pedasnya segar banget, porsinya pun besar. Sayang terlalu berminyak, jadi agak ganggu di tenggorokan. Nah, nasi goreng ini disajikan bareng kuah sup yang asam dan segarnya mirip sama Tom Yum. Pertama agak bingung sih kenapa mesti ada kuah supnya. Tapi ternyata kuah ini cukup membantu menghilangkan rasa minyak yang berlebihan.

Kata teman gue yang pernah beberapa kali ke tempat ini, sepertinya sekarang ganti kepemilikan. Sehingga rasa hidangannya udah tidak seenak dulu. Gue sendiri terakhir ke sini tahun 2015 ya, jadi mungkin kalau nanti ada kesempatan ke Singapore akan mencoba makan di sini lagi untuk tahu bedanya.

2. Zhong Guo La Nian Xiao Long Bao (Stall #02-135)

Zhong Guo La Mian Xiao Long BaoZhong Guo La Mian Xiao Long Bao Zhong Guo La Mian Xiao Long Bao

Xiao Long Bao (SGD 5,50 – 10 pieces)

Xiao Long Bao di tempat ini masuk ke daftar makanan yang wajib dicoba di wilayah Chinatown. Banyak banget ulasan positif yang menyatakan kelezatan hidangan mereka. Waktu pertama kali ke sini, gue nggak kebagian karena keburu sold out. Yang kedua kalinya gue bela-belain bangun pagi dan jam 10 sudah berdiri dengan manis di depan stallnya.

Kulit Xiao Long Baonya lebih tebal jika dibandingkan dengan Tong Xing Ju 同心居 Special Shanghai Tim-Sum. Gue sebenarnya kurang suka dengan kulit dumpling yang tebal begini. Namun, tekstur daging di dalamnya cukup juicy walau lagi-lagi masih kalah dengan Tong Xing Ju. Rasa dagingnya gurih dengan aroma bawang putih yang pas. Semakin enak kalau dicocol sama kecap asin campur jahenya.

3. Wei Ji Noodle House (Stall #02-35)

Wei Ji Noodle HouseWei Ji Noodle House Wei Ji Noodle House Wei Ji Noodle House

Raw Fish Noodle – Wolf Herring (SGD 4,50)

Oh, My. God. Seriously, this dish a must must must try! Udah banyak banget rekomendasi yang gue dengar dari locals tentang raw fish noodles di sini. Pas survey di internet, ternyata semua ulasannya positif dan memuji. Gue sebagai penggemar sashimi pun jadi penasaran apa yang bikin hidangan ini istimewa. Ini adalah stall yang paling susah dicari di Chinatown Complex. Letaknya ada di deretan blok paling ujung dan belakang. Hayati sampai lelah nyarinya, Bang 😥 . #drama 

Kakek pemilik stall ini menyarankan gue untuk memesan porsi yang besar begitu dia tahu gue penggemar sashimi. Setelah disajikan di meja, gue sempat yang: “Hah, mana ikanya? Kok sayuran semua?” Ternyata salmonnya ada di bawah timbunan sayuran. Begitu semua elemen hidangannya diaduk, wuaaaahhh…langsung deh riang gembira melihat potongan ikan melimpah ruah!

Ikannya dipotong tipis-tipis hingga cenderung transparan, tekstur mienya kecil, dan rasa saus mienya asam-pedas-segar hampir mirip seperti asinan Betawi dan menggunakan minyak wijen. Enaaak banget! Setiap porsi dilengkapi dengan semangkuk kecil kaldu ikan tambahan yang rasanya gurih dan nggak amis.

Gue juga sempat nyoba Salmon Noodle di sini, cuma nggak sempat foto karena lupa!  😛 Yang membedakan dengan Wolf Herring Noodle adalah bumbu mienya menggunakan Ponzu Sauce ala Jepang. Selain itu potongan ikan salmonnya juga lebih tebal.

Gue sangat menyarankan kalian berkunjung ke Chinatown Complex Food Centre karena di sini banyak sekali makanan otentik yang enak dan harganya murah banget jika dibandingkan tempat lainnya. Sehari nggak cukup puas menjelajahi makanan di sini. Setelahnya kalian juga bisa keliling ke pertokoan di lantai 1 jika mau tahu lebih lanjut tentang pasar ala Singapore. Hati-hati aja sama barang bawaan ya karena kadang ramai banget.  😉 

** the mentioned prices applied in 2015 and may have changed since then

Chinatown Complex Food Centre
335 Smith St #02-035 Singapore 050335

Nearest MRT Station
Chinatown, exit A

Operational Hours: Everyday around 8 am – 10 pm

(Visited 124 times, 1 visits today)
 
Share it:
Posted in Asian Food, culinary and tagged , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *