Singapore Culinary Trip: Chinatown Food Street

Chinatown Food StreetChinatown Food Street

Chinatown Food Street yang terletak di Smith Street ini mempunyai panjang sekitar 100 meter. Kalau nggak salah ada 24 stall, 6 restoran, dan beberapa kios penjual makanan. Kedatangan gue dalam rangka Singapore Culinary Trip, dilakukan setelah tempat ini direnovasi menjadi lebih luas, terang, dan adem. Fresh banget auranya.

Enaknya di sini adalah lokasinya yang strategis di tengah Chinatown, gampang banget dijangkau. Nggak enaknya karena berada di pusat keramaian, pasti susah cari meja kalau jam makan siang atau malam. Tips dari gue kalau mau ke sini sekitar jam 2 siang aja, jadi nggak ngantri parah dan bisa langsung dapat tempat duduk.

Berikut ini adalah makanan yang gue jadi incaran dan akhirnya berhasil dicoba di Chinatown Food Street:

1. Joo Chiat Ang Moh Noodle House (Stall #15)

Joo Chiat Ang Moh Noodle HouseBeef Brisket Noodle

Beef Brisket Noodle (SGD 6)

Gue sangat penasaran sama Ang Moh Noodle House karena diklaim sebagai salah satu mie wonton yang enak dan sukses bertahan sejak tahun 1960. Lokasi aslinya adalah di Joo Chiat, namun mereka buka cabang di Chinatown Food Street. Usaha ini didirikan oleh warga Singapore bernama Ao Yang, yang mempunyai perawakan Caucasian. Ang Moh merupakan sebutan bagi Caucasian dalam bahasa Mandarin, makanya disebut Ang Moh Noodle House oleh para pelanggannya. Saking terkenalnya tempat ini, ketika pemiliknya memutuskan untuk menutup usahanya pada tahun 2012 akibat sakit, dua orang pelanggan ‘garis keras’nya pun memutuskan untuk membeli dan meneruskan usaha rumah makan mie ini.

Gue pesan Beef Brisket Noodle karena penasaran dengan ulasan beberapa orang tentang potongan dagingnya yang besar dan empuk. Pas makanannya sudah jadi, langsung takjub karena memang daging sapinya banyak dan tebal. Tekstur kekenyalan mienya sempurna dan ketika dicampur dengan kuah kaldu, kecap, minyak, dan sambalnya jadi makin enak! Pantas aja jadi favorit banyak orang. Yang bikin agak kaget adalah ketika gigit dagingnya (empuk banget!), rasanya hambar. Ternyata memang dibuat demikian karena bumbu mienya sudah kaya rasa. Makanya kalau makan ini wajib diaduk semua biar dagingnya juga kena bumbu.

Yang juga wajib dipesan kalau makan di sini adalah Prawn Dumpling Noodle (nggak sempat foto), karena pangsit udangnya enak banget. Kalau kamu suka ceker, don’t forget to try their Chicken Feet Noodle or Chicken Feet only. Bumbunya sangat gurih dan sedikit kental, tekstur cekernya empuk, dan aroma jamurnya sangat kuat. Kata teman gue, menu ceker ayam ini masakan rumahan ala Mandarin banget dan citarasanya otentik. Sayang gue nggak suka ceker, tapi kuah bumbu dan jamurnya enak.

2. Tiong Bahru Meng Kee Roast Duck (Stall #7)

Tiong Bahru Meng Kee Roast Duck Tiong Bahru Meng Kee Roast Duck Tiong Bahru Meng Kee Roast Duck

Roasted Duck Drumstick Noodle (SGD 7)

Awalnya gue sama sekali nggak tahu tentang mie bebek ini. Pas lagi keliling di Chinatown Food Street dan bingung mau makan apa, gue ngelewatin stallnya dan langsung naksir sama deretan bebek panggang montok yang dipajang di etalase. Baunya pun harum banget. Terus sambil ngelihatin deretan menunya, gue ngeGoogle dulu tentang Tiong Bahru Meng Kee Roast Duck. Sampai diketawain sama uncle penjualnya kok ya sempat-sempatnya buka internet 😆 . Ya memang penampilan dan harum masakan nggak menipu ya, reviewnya oke semua, jadi langsung yakin buat pesan.

Enaknya langsung terbukti di suapan pertama. Tekstur mienya lebih tipis dan lembek kalau dibandingkan Ang Moh Noodle House, tapi sesuai banget dipadukan daging bebek yang tebal dan lembut. Paha bebeknya gede banget, lebih besar dari telapak tangan gue. Kulit bebeknya renyah di bagian luar, dengan lapisan lemak dan daging yang lembut di dalamnya. Aroma khas bebek panggangnya harum dan menggugah selera. Bumbu kecap di mienya pun asin gurih dan pas banget dicampur sama kaldunya yang sedikit tawar. Jangan lupa daun ketumbarnya ikut disantap sebagai penetralisir rasa bebek yang penuh lemak. Must try!

Selain dari dua stall tadi, kalau pas lagi ke Chinatown Food Street, jangan lupajuga  coba BBQ Chicken Wings dari Chomp Chomp Goodluck BBQ Chicken Wings (Stall #11). Gue suka beli ini buat dijadiin cemilan sebelum tidur. — *nyemil chicken wings banget sebelum tidur, Niet?*  😆 

** the mentioned prices applied in 2015 and may have changed since then

Chinatown Food Street
7 Smith St, Singapore

Nearest MRT Station:
Chinatown Station, exit A

Operational Hours: Everyday 11 am – 11 pm

(Visited 150 times, 1 visits today)
 
Share it:
Posted in Asian Food, culinary and tagged , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *