Singapore Culinary Trip: Maxwell Food Centre

Maxwell Food Centre

Image from here

Bisa dibilang bahwa Maxwell Food Centre ini adalah tempat favorit gue selama Singapore Culinary Trip, bahkan di setiap kunjungan gue ke Singapore. Terletak di area Chinatown, tempat ini sebelumnya adalah Pasar Kim Hua yang kemudian bertransformasi menjadi Maxwell Food Centre pada tahun 1986 dan menyajikan berbagai makanan otentik khas Singapore.

Gue suka banget makan di Maxwell Food Centre karena letaknya yang strategis ada di daerah tongkrongan (cie, akamsi banget kesannya) favorit gue. Mau ke pasar Chinatown tinggal nyebrang, mau mampir ke berbagai cafe lucu di Ann Siang Road atau bar-bar Club Street juga tinggal geser dikit aja. Terus bisa diakses juga dari stasiun MRT Chinatown, Tanjong Pagar, atau pun Telok Ayer. Jalan kakinya nggak sampe 10 menit kok.  🙂

Berikut ini adalah daftar makanan favorit gue di Maxwell Food Centre:

1. Tian Tian Hainanese Chicken Rice (Stall #01 – 10 dan 11)

Tian Tian Chicken Rice Tian Tian Chicken Rice

Hainan Chicken Rice (SGD 2,80 – small / SGD 3,30 – large)

Ini salah satu pilihan ‘aman’ di Maxwell Food Centre. Aman maksudnya karena ya udah familiar banget sama rasanya. Tian Tian Hainanese Chicken Rice bisa dibilang makanan paling laris dan terkenal di Maxwell Food Centre, apalagi sejak direkomendasiin sama Anthony Bourdain. Mesti sabar banget kalau mau pesan menu ini di jam makan siang, dan kalau kesorean datangnya kemungkinan besar sudah habis. Waktu yang tepat kalau mau makan ini sih, menurut gue jam 11 siang sudah harus di lokasi.

Kelebihan utama hidangan ini menurut gue adalah nasi Hainannya yang sangat gurih dan berasnya pun pulen banget. Saking enaknya, gue pernah makan nasinya doang  😆 . Tapi ayamnya pun empuk. Makin enak kalau disiram campuran sambal dan jahe. Cuma entah kenapa, terakhir kali gue makan di sini kualitasnya sudah agak menurun. Kayak ada yang kurang gitu dari keseluruhan rasanya. But still, ini jadi menu aman gue kalau lagi nggak tau mau makan apa di Maxwell Food Centre.

2. Tong Xing Ju 同心居 Special Shanghai Tim-Sum (Stall #o1 -92)

Special Shanghai Tim Sum Special Shanghai Tim Sum Special Shanghai Tim Sum

Steam Dumplings (SGD 4 for 8 pieces)

Die die must try! Steam Dumplings dari Tong Xing Ju 同心居 Special Shanghai Tim-Sum ini wajib banget dicoba.  Gue literally nunggu 1 tahun untuk makan ini. Pas Februari 2014 ke sini, eh stallnya belum buka. Akhir 2014 ke Singapore, nggak sempat mampir ke Maxwell Food Centre. Jadilah pas Februari 2015 langsung masukin ke nomer 1 daftar makanan yang harus disantap, untung keturutan.

Daging babi cincang di dalamnya lembut dan juicy (lihat aja di foto itu cairan dari dagingnya melimpah banget), kulit pangsitnya tipis jadi pas banget nggak ngerusak citarasa isinya, dan isi daun bawangnya pun banyak. Begitu digigit, kulitnya langsung pecah dan daging juicy itu pun langsung nyess. Astagaaa, nulis ini aja gue nahan laper banget deh. Jangan lupa dicocol ke kecap asin campur jahenya, akan ada sensasi hangat di tenggorokan. Yang kurang oke cuma sambalnya aja sih, kurang pedes (semua sambel di Singapore mah emang nggak pedas ya kayaknya).

Oh ya, selain itu Hot and Spicy Soupnya pun wajib dicoba. Enak banget, tekstur kuahnya silky dan isinya pun melimpah dari telur, tofu, daging, sotong, wortel, dan lain-lainnya.

3. Seafood Fried Kway Teow (Stall #01 – 53)

Special Fried Kwetiau Special Fried Kwetiau

Seafood Fried Kway Teow (SGD 5 – small / SGD 7 – large)

Aduh ini gue lupa banget nama tempatnya, gue cuma ingat nomer stall dan pesanan gue. Tekstur kway teownya sendiri agak tipis dan walau pun nama menunya fried, tapi agak nyemek-nyemek gitu. Yang bikin bahagia, isi seafoodnya banyak bangeeeet! Dari udang, bakso ikan, sampai cumi. Rasanya sendiri memang sedikit lebih manis dibanding kway teow pada umumnya tapi enak kok.

4. Marina South Delicious Food (Stall #01 – 35)

Marina South Delicious Food Fried Oyster

Fried Oyster (SGD 5/6/8/10)

Ini adalah stall favorit yang menjual Fried Oyster enak menurut gue. Katanya kalau menurut resep tradisional harusnya digoreng sampai teksturnya renyah dan garing. Tapi di Marina South Delicious Food ini, oysternya tetap dalam keadaan lembut dan juicy. Ternyata hal ini bertujuan untuk menonjolkan citarasa seafood yang segar. Surprisingly, rasanya menyatu dengan baik bersama adonan telur dan daun ketumbarnya. Cocolan favorit gue adalah kecap asin dicampur saus sambal. Nom!

5. Seremban Kee Mei Siew Pow (Stall #01 – 002)

Seremban Kee Mei Siew PowEgg Tart

Portuguese Egg Tart (SGD 1,30)

Seremban Kee Mei Siew Pow ini sudah ada sejak tahun 1997 dan berasal dari Malaysia. Di Singapore sendiri mereka punya tiga cabang, yaitu Maxwell Food Centre, Bishan Cafeteria, dan Old Airport Food Centre. Yang favorit di tempat ini adalah Siew Pow isi ayam atau daging babi untuk pastry asin dan Portuguese Egg Tart untuk yang manis. Kesukaan gue tentu saja si Portuguese Egg Tart. Lapisan pastrynya sangat renyah dan buttery, sementara custardnya lembut dan manisnya pun decent. Pas banget dijadiin dessert. Gue sanggup makan 10 buah sendirian saking enaknya.  😆 

Masih banyak memang stall incaran gue di Maxwell Food Centre yang belum sempat dicoba dan bikin penasaran. Misalnya Zhen Zhen Porridge, Huang Ji Wanton Noodles, Jin Hua Sliced Fish Bee Hoon, dan lainnya. Jadi sudah bisa dipastikan tentu gue akan balik ke Maxwell Food Centre untuk berpetualang lagi. Apa stall favorit kamu di Maxwell Food Centre?

** the mentioned prices applied in 2014 and may have changed since then

Maxwell Food Centre
1 Kadayanallur St, Singapore 069184

Nearest MRT Station:
Chinatown, exit A
Tanjong Pagar, exit B
Telok Ayer, exit C

Operational Hours: Everyday 8 am – 10 pm

(Visited 257 times, 1 visits today)
 
Share it:
Posted in Asian Food, culinary and tagged , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *