Singapore Culinary Trip: Newton Food Centre

Newton Food Centre

Dari keseluruhan kunjungan gue saat Singapore Culinary Trip, Newton Food Centre cukup mengecewakan karena memang sebagian besar uncle-auntynya suka maksa pengunjung untuk beli makanan dagangan mereka. Dari pengalaman beberapa teman gue, maksanya tuh sampai dikerubutin dan ditarik-tarik gitu. Untungnya pas gue ke sana nggak sampai kayak gitu sih. Tapi memang baru duduk sempat langsung dibombardir sama daftar menu berbagai stall yang ditaruh di meja kami. Untungnya terbayar dengan makanan enak yang gue pesan.

Yang patut diwaspadai juga kalau makan di sini adalah harganya. Kadang apa yang dicantumkan di menu nggak sesuai sama tagihannya. Jadi, selalu cek kembali harga makanan pesanan kalian. Kalau dinaikin tinggi, protes aja. Soalnya memang para pedagang di sini udah terkenal suka naikin harga seenaknya. Bahkan di tahun 2009 pernah ada kasus 6 turis Amerika dicharge SGD 491 untuk pesanan mereka, sampai akhirnya stallnya dilarang berjualan selama 3 bulan oleh National Environment Agency. Pokoknya kalau mau ke sini harus berani galak!

Gue bela-belain ke sini karena penasaran banget sama makanan berikut:

1. Kwee Heng (Stall #01-13)

Kwee Heng Duck Noodle SoupDuck Noodle Soup

Duck Noodle Soup (SGD 3 – small, SGD 4 – medium, SGD 5 – large)

Kwee Heng terkenal akan berbagai sajian bebek yang lezat dan mie wontonnya. Yang paling direkomendasikan adalah Duck Noodle Soup. Tekstur mienya cukup tebal, hampir mirip dengan udon dan kenyal banget. Gue sebenarnya kurang suka dengan tekstur mie yang tebal kayak gini. Sementara dagingnya melimpah di dalam kaldu sup yang berwarna cokelat jernih. Daging bebeknya empuk banget dan pure daging aja, tanpa kulit atau lapisan lemak. Kuahnya terbuat dari kaldu rebusan bebek dan rasanya sangat gurih. Aromanya lebih tajam dan jauh lebih enak dibanding kaldu ayam. Sukses gue seruput sampai tak bersisa.

Yang juga wajib dicoba di stall ini adalah Crispy Boneless Duck! Crispy on the outside and tender on the insides. Porsi menu yang ini cukup besar, jadi bisa dihabiskan sekitar 2-5 orang.

2. Goodman BBQ Seafood (Stall #01-61)

Goodman BBQ SeafoodGoodman BBQ Seafood

Chilli Crab (SGD 4,50 / 100 gram)

Katanya kan belum lengkap kalau ke Singapore nggak makan Chilli Crab ya. Sebelumnya gue udah pernah makan yang di No Signboard Seafood. Jadi pas lagi keliling di Newton, ketemu sama stall Goodman BBQ Seafood. Yang mana sebelumnya gue pernah baca kalau seafood di sini enak. Jadi ya akhirnya sekalian aja pesan kepiting gendut. Kepitingnya beneran gendut karena ini jadi makanan termahal yang gue nikmati selama Singapore Culinary Trip. Lupa totalnya berapa, tapi sebanding sama ukurannya yang bisa dinikmati oleh 2-4 orang.

Rasanya gimana? Sukses bikin keringetan dan megap-megap kekenyangan. Ukurannya yang besar bikin gue dan Iin (partner makan di trip ini) agak kewalahan. Tapi saking enaknya, ya tetap aja lahap makan terus sampai ludes! Dikukus hingga matang sempurna dengan jahe, bawang putih, cuka beras, dan kecap. Lalu selanjutnya ditumis dengan saus sambal, tomat, dan telur. Rasa manis, pedas, dan gurih bercampur jadi satu. Daging kepitingnya pun melimpah di balik cangkangnya.  Sausnya pun cocok dan enak banget kalau dicolek pakai roti mantau. Sayang pas kita ke sana mantaunya lagi nggak ada. Jadi ya sendokin aja terooosss sausnya.  😆 

Kalau kalian memang niat mau mampir ke Newton Food Centre, sebaiknya jangan sendirian biar nggak makin bingung kalau dikerubutin sama uncle-auntienya. Pastiin juga udah tahu mau makan apa di sini, riset aja dulu baca review orang-orang dan apalin nomer stall yang dituju biar nggak kelamaan muter-muternya. Ingat ya, selalu cek lagi harga di menu dan tagihan, cocok atau nggak.  😉 

** the mentioned prices applied in 2014 and may have changed since then

Newton Food Centre
500 Clemenceau Ave
Newton, Singapore, 229495

Nearest MRT Station:
Newton Station, exit B

Operational Hours: Everyday 12 pm – 2 am

(Visited 212 times, 1 visits today)
 
Share it:
Posted in Asian Food, culinary and tagged , , , , , , , , , , , , , , .

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *