Soto Betawi H. Mamat

** Originally posted on September 25, 2015

 

Kali ini kita melipir ke daerah Gading Serpong. Dipandu oleh duta besar wilayah BSD dan Gading Serpong, yaitu Tari dan Angga. Berhubung kunjungan ke dua wilayah ini merupakan lanjutan dari Bintaro, jadi nggak banyak tempat makan yang kita datangi. Keburu kenyang duluan di Bintaro.

 

 

Letak rumah makan ini ada di Ruko Boulevard Summarecon. Bangunannya cukup mencolok dengan cat warna hijau dan ada papan petunjuk bertuliskan nama restoran di bagiian depan. Cukup memudahkan untuk mencarinya di antara deretan toko lainnya.

Berhubung ini rumah makan sederhana, jadi tempatnya ya apa adanya. Nggak ber-ac, sehingga udaranya cukup panas ketika siang hari. Pastikan menggunakan pakaian yang nyaman. Di saat weekend atau jam makan siang, antriannya cukup mengular, sabar aja nunggunya. Yang menyenangkan ada beberapa jajanan ringan di bagian depan rumah makan. Lumayan buat isi perut sambil mengantri.

Daftar Menu

 

Ada 3 pilihan soto atau sop di H. Mamat ini, antara lain Soto Betawi, Sop Bening, dan Oseng-Oseng. Untuk isinya bisa daging sapi, ayam, atau campur (lengkap dengan kikil, paru, dan babat). Berhubung soto Betawi biasa dan sop bening kurang menarik serta bisa ditemukan di rumah makan lain, maka gue memesan Oseng-Oseng Soto Betawi dengan isi daging, paru, dan kikil.

Oseng-Oseng Campur (sekitar Rp 35.000,-)

Yang membuat hidangan ini beda adalah, isi soto pilihan kita (daging/ayam/campur tadi) dioseng terlebih dahulu bersama bawang merah, cabai, tomat sehingga dagingnya akan terasa lebih juicy dan semakin beraroma wangi. Disajikan dengan kuah terpisah (bisa pilih kuah bersantan atau bening). Perhatikan cairan minyak yang bercampur dengan lemak dari daging di piring, wuih sedap banget rasanya! Untuk yang oseng-oseng ini, rasanya tetap enak walau dimakan tanpa kuah. Sementara untuk kuahnya sangat gurih dengan sedikit rasa manis, lapisan santannya termasuk ringan dan nggak bikin eneg.

Buat gue, ini adalah soto Betawi terenak yang pernah gue makan. Perjalanan ke Gading Serpong pun terbayar dengan makanan lezat ini. Semoga, Pak Haji Mamat suatu saat akan buka cabang di daerah Jakarta Pusat atau Selatan ya!

Soto Betawi H. Mamat
Jl. Gading Serpong Boulevard
Ruko Boulevard Summarecon
Telp: 021 – 91277836 / 081318642362

(Visited 81 times, 1 visits today)
 
Share it:
Posted in culinary, Indonesian Food and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *