“The Republic of Burger”, Truly Homemade Burger

** Originally posted on February 11, 2014
Berhubung kali ini domisili gue lagi di Cipete, jadi yang akan diulas tentu saja makanan-makanan di seputar sini. Wilayah Cipete sekarang ini makin berkembang untuk makanan dan hiburannya. Restoran, cafe, warung kaki lima menjamur dan semakin banyak jenisnya. Ya soalnya khan semakin banyak kantor dan kos-kosan yang berlokasi di sini. Belum lagi ada beberapa sekolah yang murid-muridnya bisa dijadikan sasaran supaya mampir untuk jajan-jajan lucu.
Salah satu yang menarik perhatian gue adalah The Republic Of Burger. Lokasinya yang ada di Jl. Cipete Raya 26A memudahkan orang untuk melihat cafe ini. Kalau kalian dari arah Jl. Antasari, silakan lurus terus sampai menemukan Circle K di sebelah kiri jalan, nah cafenya ada di sebelah kanan jalan. Ada plang di pinggir jalan yang juga menandakan lokasi cafe ini.
Kunjungan pertama gue adalah malam hari sepulang kantor. Begitu masuk langsung disambut ramah oleh salah satu waitress. Kesan pertama, tempatnya kecil tapi nyaman. Dibedakan antara non-smoking area (bagian depan) dan smoking area (bagian belakang). Musik yang diputar enak-enak dan ada pojok manis dihias rak buku kalau kita mau baca sambil menunggu pesanan. Ornamen hiasannya simpel dan memberikan kesan homey.


Kesan selanjutnya, waitressnya sangat ramah dan membantu. Berhubung pilihan menu burgernya cukup banyak dan membuat gue bingung harus pilih yang mana (secara semua kayaknya enak!), maka dia pun membantu menerangkan pilihan burger yang ada. Ada 2 jenis burger, The Monster (ukuran super besar) danThe Junior (ukuran yang lebih kecil, tapi percaya deh…yang Junior ini aja gede banget. Tinggi burgernya setelapak tangan gue!). Masing-masing burger sudah dilengkapi dengan french fries, mayones, dan sayuran. Setelah cukup mendapat penjelasan gue pun memilih Mushroom Gravy Junior dan Chicken Wings.

Mushroom Gravy Junior (Rp 37.000,-), this is a burger with fresh natural 150gr Australian premium wagyu beef grilled patty. I ordered extra egg (Rp 8.000,-) for additional. The meat was juicy and really tender.Mushroom saucenya juga enak banget dan benar-benar meresap ke dagingnya. Jamur yang disajikan juga banyak. Rotinya lembut di bagian luar dan garing di bagian dalam. Setiap lapisannya enak dan terbumbui dengan merata. Sayur daun seladanya segar dan french friesnya enak banget renyahnya. Ada satu masalah saat pesanan ini datang, gue langsung cek apakah telurnya diolah dengan baik sesuai pesanan gue (3/4 matang) tapi ternyata hasilnya terlalu matang. Gue pun protes dan mereka dengan sigap langsung menggantinya. Tapi kok agak lama ya digantinya, ternyata setelah gue tanyakan…yang diganti adalahseluruh setnya. Jadi nggak hanya telurnya saja. Ini poin yang bagus banget sih buat gue, membuktikan bahwa burger yang mereka sajikan memang harus benar-benar fresh.

Chicken Wings (Rp 16.000 for 4 pieces). The skin was very crunchy yet the meat was juicy and tender.Enak dan bumbunya terserap sampai ke bagian dagingnya. Pas banget dipesan untuk share bareng teman. Per potong ukurannya cukup besar. Tips dari gue, pesanlah bumbu black pepper tambahan untuk cocolan daun seladanya. Enak banget! Rasa daun selada yang segar bertemu saus black pepper yang cukup pedas cukup unik dan bikin gue ketagihan.
Beberapa hari kemudian, gue datang lagi ke The Republic Of Burger untuk menemani Maina yang penasaran akibat postingan gue di Path. Awalnya niat nggak makan, tapi begitu duduk terus lirik-lirik menu juga!

American BBQ Junior (Rp 40.000,-), this is a burger with 150gr Australian premium wagyu beef grilled patty with bacon. Again, i ordered extra egg for additional. It was really finger lickin’ good! Daging wagyunya lembut banget, sementara baconnya garing. Sausnya asin, manis, pedas dan juga meresap rata ke semua bagian burger. 
Kalau disuruh milih lebih enak mana dari dua burger yang udah gue coba, maka jawabannya adalah: SAMA ENAKNYA! Setiap burger menonjol dengan kelebihan cita rasa masing-masing. Ini mungkin salah satu kelebihan dari The Republic Of Burger, mereka benar-benar membuat dan mengolah burgernya dari “hati”. Setiap burger baru dibikin setelah ada pesanan, jadi hasilnya selalu fresh. Dengan pelayanan yang bagus dan rasa yang enak, gue perkirakan mereka bisa bertahan lama di antara sekian cafe atau restoran yang juga menyajikan burger sebagai hidangan utamanya. 🙂

The Republic Of Burger

Jl. Cipete Raya no.26A
Jakarta Selatan

Now moved to
Ruko Kebayoran Arcade
Jl Rasuna Said, Bintaro Sektor 7
Phone: 021 – 29511761

Operational Hours:
Everyday 10 am – 10 pm

Jl Kemang Selatan Raya No 150 D4, 
Jakarta Selatan
Phone: 021 – 36580862

Operational Hours:
Sunday – Thursday 10 am – 10 pm
Friday – Saturday 10 am – 12 am

(Visited 8 times, 1 visits today)
 
Share it:
Posted in culinary, Western Food and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *